Di dunia yang serba plastik ini, menghindari total penggunaan plastik hampir tidak mungkin. Mulai dari kemasan makanan dan minuman, botol kosmetik, bahkan permen karet saja mengandung plastik. 

Namun, bukan berarti kita tidak bisa mengusahakan untuk mengurangi penggunaannya kok, Moms. Sekarang, sudah ada banyak barang pengganti plastik yang ramah lingkungan. Apa saja? Mari disimak bersama. 

Baca Juga : Tips Gunakan Skincare dan Make-up yang Ramah Lingkungan

Stainless Steel 

Anti karat, tahan banting, dan mudah dibersihkan adalah beberapa keunggulan logam yang satu ini. Moms bisa mengganti gelas sekali pakai, kotak bekal, wadah peralatan dapur, dan benda rumah tangga lain dengan yang berbahan stainless steel. 

Kaca 

Meskipun kaca bukan merupakan bahan yang bersifat biodegradable, namun kaca harganya murah, dan bisa didaur ulang berkali-kali. Ada banyak makanan dan minuman yang dikemas dalam toples kaca yang nantinya bisa Moms pakai sebagai wadah penyimpanan atau menjadi dekorasi. 

Silikon 

Silikon sangat lentur dan tahan lama, juga tahan panas sehingga bisa digunakan sebagai bahan loyang kue atau spatula. Tapi hati-hati juga saat memilih silikon ya, Moms, pastikan tidak mengandung tambahan plastik di dalamnya. 

Kain Beeswax 

Kain yang dilapisi beeswax adalah barang pengganti plastik yang ramah lingkungan dan bisa digunakan sebagai pengganti plastic wrap atau bungkus plastik. 

Kain Serat Alami 

Kain yang berasal dari serat alami seperti katun, wol, bambu, atau linen dapat menjadi bahan pengganti tas plastik yang lebih ramah lingkungan dan bisa digunakan berkali-kali. 

Kayu 

Bahan alami lainnya yang bisa digunakan sebagai pengganti plastik adalah kayu. Bahan kayu dapat digunakan sebagai pengganti sikat, talenan, dan peralatan makan seperti sendok atau garpu. 

Kertas 

Walaupun kertas tidak bisa didaur ulang terus-terusan karena seratnya akan semakin pendek, tapi kertas adalah alternatif yang lebih baik sebagai pengganti kemasan atau kantong plastik. Kertas juga mudah dimasukkan ke dalam komposter rumahan asalkan bukan kertas glossy. 

Menggunakan barang pengganti plastik yang ramah lingkungan seperti di atas mungkin akan terasa sedikit merepotkan ketimbang menggunakan plastik. Tapi, demi bumi yang tetap terjaga hingga keturunan anak cucu kita nanti, sedikit usaha ekstra bukan masalah besar bukan, Moms? 

Baca Juga :Didik Anak Sadar Lingkungan Sejak Usia Dini