Gender Revealing Party atau sering disingkat menjadi gender reveal sering dilakukan para selebritas, influencer dan sosialita di Indonesia saat ini. Acara yang sesuangguhnya hanya mengumumkan jenis kelamin dari anak yang dikandung ini dibuat seru dan meriah. 

Ada yang mengumumkannya saat usia kandungan baru 4 bulan, ada pula yang mengumumkannya saat kandungan sudah memasuki tuhub bulan. Acara  ini pun ada yang digelar dengan digabung dengan acara baby shower, nuju bulan, dan ada dilakukan  bertepatan dengan perayaan tertentu. Selama pandemi, lebih banyak menggelarnya melalui channel youtube dan Instagram. Tetapi ada pula yang meriah dengan mengundnag kerabat dan teman.  Tentunya mematuhi protokol kesehatan. 

Baca Juga :Apa Itu Gender Reveal Party?

Nola AB3 dan Baldy 

Acara ini digelar bukan untuk anak pertama bagi pasangan penyanyi Nola dan  pengusaha Baldy Mulya Putra. Si Kecil yang akan lahir ini merupakan anak yang ke-4. Si kecil yang baru lahir akan terpaut usia jauh dengan ketiga kakaknya: Adyla Rafa Naura Ayu, Adyano Rafi Bevan Putra, dan Anodya Shula Neona Ayu. Dengan Neona, kakaknya terakhirnya, si Kecil dalam rahim Nola akan berjarak 12 tahun. 

Tak disangka para anak Nola yang memberikan ide acara ini. Acara digelar bersamaan dengan perayaan Idul Adha bersama keluarga (26/7/2021). Para kerabat dan teman yang datang ikut diajak menebak jenis kelain bayi yang tengah di kandung Nola. Mereka diberikan pilihan masker warna pink atau biru muda. Jika menebak si Kecil dalam rahim Nola adalah perempuan, mereka memakai masker berwarna pink,  dan memakai masker warna biru jika menebak baby boy.

Para anak Nola dan suaminya pun ikut menebak. Suaminya dan kedua putrinya ternyata menebak adiknya ini berkelamin laki-laki. Hanya anak laki-laki Nola yang mengenakan masker pink, sebagai tanda ia menebak adik bungsunnya kelak berkelamin perempuan.

Saat puncak acara menebak gender ini sebuah balon hitam besar disiapkan. Lalu, Neona, anak ketiga Nola, bersiap memacahkan balon besar ini dengan jarum. Dengan iringan hitungan para tamu, 1, 2.3… dan duarrr! Balon meletus dan kertas confeti berwarna pink pun berhamburan Yeay….  si bungsu  pasangan Nola dan Baldi berjenis kelamin perempuan.  Yuk kita tunggu kelahiran si Kecil

Ammar Zoni dan Irish Bella 

Pada tahun 2019 seharusnya pasangan artis ini dikaruniai anak pertama yang kembar.  Namun, pada usia kehamilanny yang ke-27 minggu, kedua calon bayi kembar tidak dapat bertahan. Penyebabnya adalah Irish mengalami mirror syndrome, sebuah kondisi cukup langka yang dialami ibu hamil dengam anak kembar. 

Kesedihan yang mendalam dialami oleh duo pesinetron, Bella dan Ammar. Meski, mereka tetap berusaha tegar. 

Alhamdulillah di tahun 2020, Bella kembali hamil. Ia dan suaminya tak mau tergesa-gesa mengumumkan jenis kelamin anaknya. Baru saat usia kehamilannya memasuki usia 7 bulan, pasangan ini mengundang wartawan dan beberapa kerabat untuk  melakukan gender reveal.  

Ammar mengatakan  menginginkan anak laki-laki, namun Bella merasa bahagia dengan apa pun gender anaknya. Yang penting sehat, harapnya.  Setelah mendengar jawaban istrinya, lalu  Ammar mengeluarkan motor trailnya.  " Kita tentukan nanti dari hasil knalpot. Kalo nanti (warna asap) knalpotnya pink berarti cewek, kalo knalpotnya biru berarti cowok," ucap Ammar dan Bella. 

Lalu, motor pun dinyalakan dan digas. Langsung menyembur asap knalpot  berwarna biru. Gender  anak yang dikandung ini  berjenis kelamin laki-laki. Dan, pada 8 September 2020, lahir jagoan Bella dan Ammar yang diberi nama Air Rumi Akbar. Selamat ya…

Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie 

Acara gender reveal yang diadibadikan melalui channel Instagram ini untuk calon anak kedua aktris Chelsea Olivia dan Aktor Glen Alinskie. Pasangan yang telah menikah pada 3 Oktober 2015m sebelumnya telah dikaruniai anak perempuan yang menggemaskan bernama Nastusha Olivia Alinskie.

Acara gender revealing party hanya dirayakan bertiga di sebuah taman. Si sulung digendong oleh ayahnya. Tidak banyak dekorasi rumit menjadi latar. Hanya beberapa rangkaian balon besar berwarna biru muda dan merah muda menghiasi area lapangan rumput. 

Memakai baju kasual, kedua pasangan pasangan berbahagia mengumumkan gender anaknya dengan bantuan smoke bomb. Saat smoke bomb dinyalakan keluar asap warna biru, artinya anak kedua mereka berjenis kelamin laki-laki. 

Untuk menambah meriah suasana, mereka pun berfoto dengan memegang  papan kecil yang bertuliskan” And then There were four Oct 2020” dan si Kecil Nasthusa juga memegang papan kecil yang bertuliskan”My baby brother is coming Oct 2020”

Felicya Angelista dan  Caesar Hito 

Hito dan Feli kerap disebut couple goals. Hito adalah aktor yang main di sinetron dan menjadi model iklan. Sedangkan Feli selain bermain di sinetron dan film, juga menjadi Youtuber dan sukses berbisnis, salah satunya mengeluarkan produk perawatan kecantikan dengan merek Feli Skin dan Scarless Whitening. 

Pasangan ini juga mengungkap jenis kelamin anak pertama mereka melalui video yang diunggah ke akun Youtube Feli dan Hito, pada 17 Juni 2021. Tanggal 17 juni  menjadi angka penting, karena merupakan hari jadian Fely dan Hito. Setelah berpacaran 8 tahun, baru akhirnya pada 9 Janurai 2021 mereka melangsungkan pernikahan. 

Suasana gender reveal party Feli dan Hito berlangsung seru dan menarik dengan konsep pesta kebun. Sebuah background dari kain berwarna putih dihiasi tulisan Boy or Girl , lalu diperindah dengan beberapa standing flower dari aneka bunga dengan dominan warna pink dan biru muda. Dan tak lupa pula dihiaso rangkaian balon cantik berwarna pink dan warna biru muda. 

Saat mengumumkan gender reveal, Feli dan Hito nerdiri di depan kue tart dua tingkat yang dipercantik dengan dua boneka teddy bear imut. Yang satu memakai gaun pink dan satu lagi memakai dasi kupu-kupu biru muda. Dot dot lucu disusun menyeramarakkan kue itu. 

Dan pada saatnya mengumumkan, Feli di minta menghitung. Pada hitungan ketiga, pasangan ini dikagetkan dengan munculnya tabung plastik berisi boneka teddy dengan baju pink yang cantik dari dalam kue.  Tak hanya itu,  smoke bomb warna pink pun ditembakkan. Iya, jenis kelamin anak Feli dan Hito adalah perempuan.