Moms, pernah enggak sih,  merasa uang yang diberi dari suami, selalu habis begitu saja?. Padahal belum dibagi ke pos bujet et A,B,C, dan seterusnya. Atau merasa pengeluaran tidak terlalu banyak, tapi kok,  uang cepat menguap? Moms tidak sendiri yang mengalaminya. 

Dikutip dari Business Insider yang mewawancarai sejumlah pakar keuangan, ternyata boros, bukan hanya dari pengeluaran skala besar saja. Justru hal-hal kecil yang sering dilakukan, bisa jadi penyebabnya.  Tanpa disadari, ada beberapa kebiasaan sepele, yang ternyata bisa menguras dompet lho, Moms. Nah, di antara beberapa kebiasaan sepele di bawah ini, adakah yang sesuai dengan Moms?. Yuk disimak sambil cek and recheck : 

1.Membeli Barang dengan Harga Murah 

Alih-alih beli barang dengan harga murah, dengan tujuan menghemat bujet, tapi justru kebiasaan seperti ini malah bikin boros, Moms. Soalnya, biasanya barang dengan harga murah, memiliki kualitas yang kurang baik, alias barang tidak tahan lama, sehingga Moms harus beli berkali-kali. . Lebih baik, beli barang dengan harga yang sedikit lebih mahal, namun kualitas barang tahan lama. Sehingga Moms tidak perlu sering ganti barang yang sama. 

2. Kebutuhan yang Tidak Diseleksi 

Dilansir dari Business Insider, CEO Coastal Wealth Jeremy Straub memberi satu tip jitu, sebelum membeli barang. Biasakan untuk ajukan pertanyaan ke diri Moms, "Bisakah saya belanjakan uang ini untuk pengalaman yang bisa dinikmati seumur hidup?" Artinya, Moms harus betul-betul menyeleksi kebutuhan yang akan dibeli. Jangan lupa untuk mengurangi pembelian yang impulsif, supaya kondisi keuangan tetap stabil. Awas!, jangan mudah tergoda diskon ya, Moms. 

3. Menggunakan Jasa Ojek Online untuk Perjalanan Jarak (sangat) Dekat 

Selalu menggunakan ojek online untuk jarak tempuh yang dekat, ternyata salah satu penyebab boros juga lho, Moms. Sadar enggak sih? Terkadang lebih memilih menggunakan ojek, daripada berjalan kaki. Padahal jaraknya kurang dari 1 km. Lagi pula  manfaat yang didapat dari banyak berjalan kaki  bagus banget lho, Moms. Salah satunya, bonus bisa bikin langsing. Alangkah lebih baik, bila Moms tidak selalu mengandalkan ojek online, untuk perjalanan dengan jarak yang sangat dekat. 

Nah, dari tiga penyebab boros, di atas, manakah yang paling sering Moms lakukan? Kebiasaan buruk yang bikin jadi boros, yuk perlahan ditinggalkan. Dan semakin semangat untuk menabung, walau sedikit demi sedikit. Supaya kelak, bisa menjadi bukit! :)

Baca Juga :Pemborosan! Jangan Beli Produk untuk Bayi ini dalam Jumlah Besar