Tanaman yang mudah di temukan ini merupakan salah satu kelompok tanaman yang multifungsi. Terkenal memiliki banyak khasiat dan cara pengolahan yang beragam, membuat lidah buaya menjadi komoditi yang menjanjikan. 

Kemajuan teknologi membuat kita sering menemukan lidah buaya di berbagai produk kesehatan maupun kecantikan. Khasiatnya untuk kecantikan sudah tidak perlu diragukan lagi, mulai dari kulit hingga rambut. 

Mengenai manfaatnya untuk rambut,  gel multifungsi di dalam lidah buaya  akan membuat akar rambut Moms menjadi lebih kuat dan  kulit kepala menjadi lebih sehat. Karena alami, lidah buaya umumnya aman digunakan berbagai kalangan usia. 

Lidah buaya mengandung tinggi vitamin, asam amino esensial mineral, seperti tembaga dan seng, yang penting untuk pertumbuhan rambut.  Sayangnya gel pada lidah buaya tersebut memberikan efek gatal jika Moms kurang paham dalam penggunaannya. 

Jadi, bagaimana caranya mengolah lidah buaya agar dapat memberikan nutrisi untuk rambut?  Berikut adalah beberapa tip cara penggunaan lidah buaya untuk kesehatan rambut:

Baca Juga :Segudang Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut

1. Lidah Buaya Hair Spray 

Cukup sediakan lidah buaya yang sudah diambil gelnya. kemudian sediakan bahan tambahan seperti air dan jahe segar. Moms cukup blender saja seluruh bahan tersebut dan  simpan di dalam spray. Cara penggunaannya,  cukup spray rambut dan pijat lembut selama beberapa menit kemudian bilas atau diamkan selama sekitar 20 menit.

2. Minyak Lidah Buaya 

Dengan 2 bahan,  Moms sudah bisa menggunakan hair oil ekonomis yang tinggi nutrisi. Cukup sediakan aloe vera serta minyak kelapa murni. Kemudian masak keduanya hingga mengeluarkan residu, tunggu hingga dingin dan saring. Moms bisa menggunakan minyak rambut ini 1 jam sebelum melakukan keramas.

3. Hair Mask

 Lidah buaya hair mask adalah salah satu produk perawatan rambut populer. Tapi tahukah Moms, ternyata maseker rambut ini sangat mudah dibuat sendiri di rumah. Hanya dibutuhkan lidah buaya dan beberapa bahan lain seperti olive oil, fenugreek atau putih telur. Kemudian campurkan bahan yang Moms inginkan dengan lidah buaya. Setelah itu, masker rambut pun siap digunakan 1 jam sebelum keramas.

4. Kondisioner 

Kondisioner tanpa bilas bisa Moms buat sendiri di rumah dengan 2 bahan dan sangat mudah yakni menggunakan 1/2 cangkir gel lidah buaya yang sudah diblender dan 15 tetes minyak esensial lavender. Cara penggunaannya sama seperti kondisioner pada umumnya. 

Keempat tip di atas bisa Moms coba di rumah. Jika dilakukan secara rutin akan memberikan efek yang baik untuk rambut Moms.