Moms mungkin sudah mengetahui manfaat baking soda untuk urusan seputar dapur. Serbuk putih ini selalu tersimpan untuk menghilangkan bau tak sedap atau membersihkan perabot dapur dari noda berminyak atau noda yang membandel. 

Baking soda pun penting sebagai bahan pokok dapur untuk membuat kue yang Moms panggang itu  mengembang. Si Kecil doyan  fried chicken yang crispy? Nah, baking soda yang sering disebut soda kue ini bisa menciptakan ayam tepung super kriuk.  

Nah, bukan hanya penting di daput, baking soda pun ternyata penting menjadi pengisi  lemari obat dan peralatan kebersihan di kamar mandi. Baking soda yang merupakan natrium bikarbonat ini dapat membantu menjaga tubuh Moms dan keluarga tetap sehat dan bersih sehingga tampil cantik. 

Pembersih Gigi alami

Baking soda bekerja sangat baik untuk menghilangkan plak gigi, lapisan yang tampak cokelat atau kehitaman menempel di seputar gigi. Seiring waktu, penumpukan plak mengeras menjadi karang gigi dan dapat menyebabkan penyakit gusi. Coba Moms tempelkan sikat gigi basah ke serbuk baking soda, lalu  sikat gigi seperti biasa. Cara ini  tidak memiliki fluoride yang dibutuhkan untuk melindungi dari kerusakan gigi dan gigi berlubang. Jadi, untuk amannya setelah menyikat gigi dengan baking soda itu dilanjutkan dengan menyikat memakai pasta gigi biasanya.

Obat kumur murah

Nafas bau setelah kebanyakan makan pete atau makanan dengan banyak bawang putih? Santai, Moms. Coba kumur dengan campuran satu sendok teh baking soda yang dilarutkan dengan setengah gelas air. Setelah berkumur, bilas mulut Moms dengan air bersih.  

Deodoran tubuh

Kebanyakan hal yang berbau memiliki molekul bau asam atau basa. Baking soda berfungsi untuk membuatnya lebih netral sehingga bebas bau. Prinsip ini pun dapat dilakukan untuk menghilangkan bau badan. Caranya, oleskan sedikit bubuk baking soda ini di ketiak pada pagi hari. Tepuk-tepuklah agar sisa bubuk tidak mengotori baju. 

Meredakan kulit gatal

Digigit nyamuk? Atau terkena rumput ilalang yang membuat gatal? Baking soda dapat membantu menenangkan kembali kulit Moms. Bubuk ini dapat meredakan iritasi ringan, nyeri, gatal, dan kemerahan. Caranya,  buat pasta baking soda dengan mencampurkan 1 bagian air dan 3 bagian baking soda. Oleskan pasta ini pada kulit dan biarkan selama 20 menit sebelum mencucinya. Atau berendam di bathub  dengan menambahkan setengah cangkir baking soda ke dalam airnya. 

Meringankan rasa sakit

Jika kulit Moms terbakar akibat sengatan matahari,  cobalah redakan dengan kompres larutan 1 liter air yang diberikan sekitar 4 sendok makan baking soda. Kompres dan usapkan dengan lembut untuk menenangkan kulit Moms. Cara ini juga dapat membantu untuk  mengatasi nyeri dan rasa terbakar akibat luka bakar ringan lainnya.

Mengurangi asam lambung

Natrium bikarbonat membantu melawan asam ekstra yang mungkin naik dari perut ke tenggorokan dan bahkan mulut setelah makan.  Moms dapat membelinya tanpa resep sebagai tablet kunyah.  Atau membuat sendiri  dengan mencampurkan 1/2 sendok teh soda kue ke dalam 1/2 gelas air. Bicaralah dengan dokter sebelum memberikannya kepada anak-anak di bawah 6 tahun, atau jika Moms mulai menggunakannya secara teratur bersama dengan obat lain.

Lulur wajah

Gunakan sebagai pembersih wajah yang lembut. Pertama, cuci muka Moms dengan sabun muka ringan, bilas dengan air. Kemudian, buat pasta dari 3 bagian baking soda dicampur dengan 1 bagian air. Gosokkan pasta ini ke wajah secara pelan-pelan dengan arah melingkar.  Lalu bilas hingga bersih dengan air.

Bersihkan rambut dengan tuntas

Campur satu sendok teh baking soda dengan sampo favorit  untuk menghilangkan penumpukan dari semprotan, gel, kondisioner, dan produk lainnya. Rambut Moms tidak hanya lebih bersih, tetapi juga lebih mudah ditata.

Melembutkan kulit

Tambahkan setengah cangkir baking soda ke bak mandi. Ini akan menetralkan asam, menghilangkan keringat dan minyak yang menempel dan membuat kulit Moms halus seperti sutra. Bonus: Setelah mengeringkannya, Moms tinggal menambahkan baking soda untuk membuat bathub  menjadi bersih bersinar!

Menyegarkan gigi palsu

Bila ada anggota keluarga yang memakai gigi palsu, baking soda ini sangat bermanfaat. Larutkan 2 sendok teh baking soda ke dalam secangkir air hangat. Kemudian rendam gigi palsu itu untuk menghilangkan sisa makanan, menghilangkan bau, dan menyegarkan rasa tidak enak yang tersisa. Cara ini juga bisa dipakai untuk pembersihan retainer dan pelindung mulut. Setelahnya, tetap jangan lupa sikat gigi ya ...

Baca Juga : Manfaat Baking Soda di Dapur