Moms tentunya familiar dengan jagung. Salah satu biji-bijian yang paling disukai di dunia ini, merupakan bahan makanan serbaguna, karena seluruh bagian tanaman ini dapat digunakan, Moms. 

Tak kalah penting, jagung merupakan sumber karbohidrat yang kaya nutrisi. Bisa menjadi makanan pokok pengganti untuk sajian keluarga. Di beberapa daerah di Indonesia pun banyak yang menjadikan jagung sebagai pangan pokok, bukan hanya sebagai lauk,

Berikut beberapa hal fakta penting untuk penting dan manfaat jagung untuk sajian keluarga: 

Jagung menjadi sumber makanan serbaguna

Semua bagian dari jagung dapat dimanfaatkan. Kulitnya dapat digunakan untuk kulit pembungkus kue lepet jagung yang legit atau dibuat tamale yang merupakan ‘lepet jagung ala Spanyol.  Bersama batang, kulit jagung ini juga merupakan bahan pakan ternak. Bagi industri kerajinan, kulit jagung yang dikeringkan dibuat menjadi aneka souvenir yang menarik. 

Surai atau rambut jagung  untuk membuat teh obat. Sedangkan  biji atau bulir jagung tentunya menjadi bahan makanan, baik sebagai makanan pokok maupun diolah dengan berbagai bahan lain untuk menjadi lauk yang lezat.

Dari masakan hingga jadi minyak 

Jagung digunakan sebagai bahan makanan pokok dan lauk. Selain itu, jagung dibuat menjadi bahan olahan  untuk membuat tortilla, keripik, polenta, tepung jagung, minyak jagung dan banyak lagi. 

Jangan lupakan pula jagung mini yang dikenal sebagai baby corn. Jenis jagung ini digunakan dalam banyak makanan pembuka, sup, sup krim, semur dan hidangan tumis. Jagung muda sangat populer dalam resep masakan Thailand dan Cina.

Warnanya bukan cuma kuning

Fakta menarik yang mungkin tidak Moms ketahui tentang jagung adalah jagung itu bukan hanya berwarna kuning cerah atau atau kuning keputihan. Jangan heran ya Moms jika Moms menemukan jagung berwarna  berwarna merah, hitam, biru, ungu, dan oranye.

Manfaat jagung untuk kesehatan

Bila bicara kesehatan, jagung juga ternyata punya manfaat segudang kesehatan. Ini manfaatnya: 

Memilih dan menyiapkan jagung

Jagung bisa Moms masak dengan berbagai cara. Mom bisa memanggangnya, merebus, mengukus, ditumis, dipanggang dalam microwave. Moms juga dapat menambahkannya ke dalam semur, casserole, salad atau salsa. Untuk penyegar rasa jagung menjadii penambah rasa  yang untuk sayur asem dan sayur bayam. 

Coba juga tambahkan buliran jagung segara ke adonan roti jagung untuk meningkatkan tekstur dan rasa. Mantap rasanya

Jagung segar paling baik jika dimasak sesegera mungkin setelah dipetik. Namun, Moms juga bisa menyimpan jagung ini untuk dipakai beberapa hari kemudian. Caranya, Moms ambil ambil bulir-bulir jagung, Lalu kukus sebentar, kemudian masukkan ke dalam kantong atau wadah yang aman dan bekukan dalam freezer. Moms bisa menggunakannya kapan pun. Dan, rasanya tetap segar, 

Ingin mencoba sup jagung yang unik? Boleh saja, Moms. Berikut Fire-Roasted Corn Soup yang bisa disajikan untuk 4 porsi.

Bahan

Catatan: half and half cream dapat diganti dengan campuran 1/2 susu cair ditambah 1/2 

heavy cream

Cara membuat:

Nutrisi per porsi: 

Ajak keluarga untuk gemar makan jagung. Tidak mahal di kantong, dan tubuh Moms dan keluarga pun menjadi sehat. 

Baca Juga : Manfaat Baking Soda di Dapur