Ginger bread Cookies atau kue kering jahe merupakan salah satu kue  yang menjadi ciri khas hari Natal. Kue kering jahe bisa menjadi penghangat suasana Natal. Selain rasanya yang unik, kue kering yang renyah ini juga bisa dikreasikan menjadi bentuk yang menarik. 

Moms dengan bantuan si Kecil bisa mencetak dan menghiasnya dengan berbagai bentuk favorit, seperti pohon cemara, lonceng, atau manusia salju. 

Bahan kue (untuk + 36 potong)

Catatan: 

Treacle seperti molase adalah sama-sama hasil cair dari tetes tebu. Treacle merupakan bahan yang disukai dalam pembuatan kue dan masakan Inggris, terutama dalam hal kue, biskuit, pai, puding, dan flapjack. Ada dua jenis treacle, yaitu golden treacle dan black treacle. Untuk kue jahe lebih disukai memakai black treacle. Moms bisa mendapatkannya di toko online atau toko khusus kue.

Cara membuat:

  1. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celcius.
  2. Campurkan 175 gr tepung, soda kue, garam, bubuk allspice, cengkeh, kayu manis dan jahe.
  3. Dalam mangkuk besar, kocok mentega bersama brown sugar hingga halus dengan mixer.
  4. Lalu, masukkan treacle dan telur.
  5. Setelah itu tambahkan campuran tepung di atas (no.2) ke dalam adonan. Kocok hingga rata. Lalu, matikan mixer.
  6. Kemudian, baru secara bertahap, tambahkan sisa tepung. Aduk rata dengan tangan untuk membentuk adonan yang kalis.
  7. Bagi adonan menjadi 2 bagian. Lalu dinginkan adonan di dalam kulkas sekitar 1 jam. Dengan mendinginkan adonan, juga akan memudah untuk menggilingnya.
  8. Ambil satu bagian adonan, lalu giling satu bagian adonan pada permukaan yang ditaburi sedikit tepung, hingga ketebalan sekitar 0,3 cm. 
  9. Potong menjadi bentuk yang diinginkan menggunakan pemotong kue atau gunakan cetak kue kering dengan bentuk kue favorit  kering. Sebelum dipakai pemotong kue atau cetakan kue ini taburi dengan tepung agar tidak lengket dan mudah untuk melepaskan kue.
  10. Setelah adonan pertama, baru kerjakan untuk adonan kedua.
  11. Atur biskuit yang akan dipanggang dengan jarak 2,5 cm di atas loyang tidak diolesi mentega.
  12. Panggang selama 8 hingga 10 menit dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya. 
  13. Biarkan biskuit mendingin di atas loyang selama 5 menit sebelum dipindahkan ke rak kawat. Lalu diamkan  hingga benar-benar dingin untuk dihias atau dimasukkan ke toples.

Baca Juga :Resep Olahan Mangga