Apakah Moms penggemar drama korea? Pasti tahu dong, satu jenis makanan yang tidak pernah absen dimakan oleh tokoh-tokoh di cerita-cerita yang berasal dari Negeri Ginseng itu? Betul sekali, jawabannya adalah ramyeon.

Ramyeon atau ramen adalah masakan cepat saji berbahan dasar mi dengan kuah kental yang aromanya sangat menggugah rasa. Tahukah Moms, ramyeon awalnya muncul sebagai makanan alternatif murah pasca perang, sekitar tahun 1963. Meskipun dari kemunculannya ramyeon belum memiliki umur yang terlalu lama, tetapi posisi ramyeon dalam budaya Korea sudah menyaingi kimchi, sayur fermentasi khas Korea. 

Salah satu penyebab ramyeon sangat populer adalah budaya memakan ramyeon sebagai makanan pereda mabuk. Pasalnya, Korea adalah konsumen minuman beralkohol tertinggi nomor dua di dunia. Makanya tidak heran konsumsi ramyeon pun ikut tinggi di Korea. 

Nah, buat Moms yang ingin mencoba memasak ramyeon di rumah sendiri sebagai teman nonton drama Korea, bisa simak resepnya berikut ini. 

Resep Ramyeon Mudah 

Bahan

200 gr mi ramyeon 

100 gr daging sapi iris tipis-tipis 

1 butir telur 

100 gr caisim, iris sesuai selera 

2 siung bawang putih, cincang halus 

1 sdt cabai bubuk 

1 sdm kecap asin 

½ sdt garam atau bisa dikurangi sesuai selera 

¼ sdt merica bubuk 

2 tangkai daun bawang, iris sesuai selera 

400 ml air kaldu ayam 

1 sdm minyak kulit ayam 

Cara membuat: 

Tumis bawang putih dengan minyak kulit ayam sampai wangi, hati-hati jangan sampai gosong, Moms. Lalu tambahkan air kaldu ayam. Masukkan potongan daging dan mi ke dalamnya. Tambahkan kecap asin, cabai bubuk, garam, dan juga merica bubuk, aduk sampai rata. Setelah kuahnya mendidih, masukkan caisim. Setelah caisim tampak agak lunak, pecahkan telur ke dalamnya, dan masak hingga telur setengah matang dan taburi daun bawang. Matikan api, dan sajikan hangat. 

Nah, tidak terlalu sulit bukan Moms membuat ramyeon sendiri di rumah dengan resep di atas?  Resep ini sudah lengkap dengan karbohidrat dari mi, protein dari daging dan telur, dan serat dari sayur caisim. Jika Moms tidak menyukai telur yang direbus di kuah ramyeonnya, Moms bisa mencoba merebus telur secara terpisah, lalu membelahnya untuk dijadikan topping ramyeon. Selamat mencoba, Moms! 

Baca Juga :Resep Seblak Teman Saat Hujan