Rayap merupakan salah satu masalah yang banyak dijumpai di rumah, terutama bila furnitur banyak menggunakan elemen kayu. Perlu Moms ketahui, rayap terbagi dalam 3 kasta, yakni pekerja, prajurit, dan reproduksi. Dari ketiga kasta  tersebut yang bisa menggigit manusia adalah prajurit. Gigitannya sakit tapi tidak meninggalkan bekas. 

Bahaya rayap yang paling terasa adalah kerugian materi dari kerusakan rumah yang mereka serang. Tak hanya kusen pintu, tetapi serangannya bisa menghancurkan plafon, lantai, tembok, bahkan furnitur di dalam rumah. Tentu masalah ini sangat menjengkelkan ya, Moms, karena akan membuat perabot rumah tangga berbahan kayu tidak tahan lama. Pada akhirnya Moms harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli peralatan rumah tangga yang baru. 

Untuk mencegah kemunculan rayap di rumah, ada beberapa hal yang perlu Moms lakukan, yaitu: 

Turunkan suhu ruangan 

Cara membasmi rayap secara alami yang pertama adalah dengan menurunkan suhu ruangan. Rayap tak hanya benci cahaya dan suhu panas, mereka juga ternyata cenderung benci suhu dingin yang ekstrem. 

Siram dengan air sabun 

Penggunaan cairan sabun berfungsi untuk mengganggu aliran pernapasan rayap sehingga mereka pun akan lebih cepat mati. Cara penggunaannya pun cukup mudah karena Moms hanya perlu menyemprotkan cairan sabun ke seluruh perabotan kayu yang diserang oleh rayap. 

Membuat jebakan kardus 

Jika ingin mengalahkan musuh, maka ketahuilah informasi mengenai mereka termasuk juga keberadaan mereka. Cara termudah untuk mengetahui keberadaan seseorang adalah dengan cara membuat jebakan kardus. Prosesnya yaitu dengan membasahi kardus dan menyimpannya di tempat yang Moms curigai sebagai sarang rayap. 

Cara membasmi rayap dengan kapur barus 

Cara membasmi rayap berikutnya adalah dengan menggunakan kapur barus. Zat kimia ini terbukti mampu dijadikan obat anti rayap yang ampuh dan juga efektif. Pasalnya kandungan naftalena di dalam kapur barus bersifat mematikan bagi serangga kecil seperti rayap. 

Lebarkan ventilasi 

Kondisi ruangan yang lembap menjadi tempat yang nyaman bagi rayap untuk berkembang biak dan menetap. Maka dari itu, ventilasi udara yang cukup akan memudahkan cahaya dan udara masuk ke dalam ruangan secara menyeluruh dan membuat kondisi ruangan jadi lebih bersih dan anti lembap. 

Gunakan asam borat 

Asam borat sendiri merupakan bahan kimia pembasmi rayap. Cara menggunakannya sangat mudah, Moms  hanya perlu menyemprotkan atau melapisi berbagai perabotan di rumah dengan cairan tersebut. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :Tips Membersihkan Kerak Gosong Di Wajan