Saat memasak adakalanya kita lupa mematikan kompor,  atau menggunakan api terlalu besar sehingga mengakibatkan wajan menjadi gosong. Yang menyebalkan, wajan yang gosong meninggalkan noda membandel, sehingga sulit untuk dibersihkan. Tak hanya itu ya, Moms. Kalau gosongnya terlalu parah, malah wajan tersebut tidak bisa lagi digunakan. Mau dibuang, tapi, kok, sayang.  Tenang, Moms, ada beberapa cara dan tip untuk membersihkan wajan gosong. Berikut tipnya: 

  1. Tuang beberapa tetes sabun pencuci piring di atas wajan. Tuang air panas ke dalamnya, diamkan semalaman, lalu cuci keesokan harinya.
  2. Tuang sedikit air ke wajan teflon gosong yang sudah dipanaskan. Biarkan beberapa menit, lalu hilangkan noda terbakar dengan spatula kayu.
  3. Gunakan cuka untuk menggantikan air. Caranya, tuang cuka ke atas wajan teflon, lalu hilangkan kerang dengan menggosoknya menggunakan sendok kayu. 
  4. Ingin yang lebih mudah? Letakkan dryer sheet di atas bagian wajan yang gosong, kemudian tuang air hangat dan diamkan beberapa jam.
  5. Garam kosher juga bisa menghilangkan noda gosong. Campur dengan sabun cuci piring dan air hangat. Gosok perlahan, biar tidak merusak wajan.
  6. Taburi dengan baking soda di atas bagian yang gosong. Setelah itu, tuang air hangat, sembari digosok secara perlahan.
  7. Tuang soda tawar di atas wajan gosong, biarkan beberapa menit. Barulah cuci bersih sembari sedikit digosok sampai bersih.

Itulah beberapa cara dan langkah membersihkan wajan atau panci yang gosong. Alat-alat untuk membersihkannya pun mudah ditemukan di pasaran. 

Jika ingin membersihkan panci yang gosong, disarankan Moms  menggunakan sarung tangan atau gloves khusus cuci piring. Itu berguna untuk melindungi tangan dari bahan kimia yang cukup keras. 

Jika memakai cara di atas, kerak gosong masih belum hilang, Moms bisa nih menggunakan produk pembersih kerak.

Bagaimana Moms? Mudah bukan? Semua bahan untuk membersihkan panci atau wajan gosong bisa  didapatkan di supermarket atau warung terdekat. Jangan lupa, Moms harus selalu menggunakan spons cuci yang lembut saat membersihkan panci atau wajan gosong. Selain itu, hindari penggunaan serabut kawat yang kasar untuk menjaga permukaan panci tetap mulus. 

Baca Juga : Tips Membersihkan Wastafel Stainless