Serai atau sereh adalah bumbu dapur yang hampir selalu ada di setiap dapur di rumah orang Indonesia. Serai sekilas mirip dengan rumput, tetapi dengan ukuran yang lebih besar dan daun yang tajam dan kasar di sisinya. Serai memiliki wangi khas yang membuatnya banyak digunakan dalam berbagai resep tradisional Indonesia. 

Baca Juga :Tips Mengolah Daging Kambing

Nah, untuk memaksimalkan aroma dan rasanya yang khas, Moms bisa coba tip mengolah serai berikut ini. 

Pilih yang Segar 

Untuk mendapatkan cita rasa maksimal dari serai, pilihlah serai yang segar, Moms. Ciri-ciri serai yang berkualitas baik antara lain: batangnya terlihat padat dan tidak kering, batangnya harum, berbentuk rapat dan warna batangnya hijau dan putih segar hingga bagian tangkai bawahnya. Untuk aroma yang lebih kuat, Moms bisa pilih batang sereh yang tua. Biasanya batangnya tebal, lurus, dan terlihat segar. 

Geprek Dulu 

Sebelum mengolah serai ke dalam masakan, Moms bisa menggepreknya terlebih dahulu untuk mengeluarkan aroma khas serai. Aroma serai yang segar ini tidak hanya menggugah selera tetapi juga bisa membuat relaks, lho. 

Iris Serong 

Cara mengolah serai untuk memaksimalkan rasa dan aroma selanjutnya adalah dengan cara mengiris serong tipis-tipis pada bagian batang serai yang berwarna putih. Irisan tipis serai ini cocok untuk kaldu agar rasanya lebih keluar atau untuk pepes. 

Buang Lapisan Terluar 

Agar aromanya keluar maksimal, Moms sebaiknya membuang satu atau dua lapisan terluar serai, lalu memotong akarnya. Cara ini akan membuat aroma dan rasa serai lebih kuat. 

Simpan dengan Benar 

Penyimpanan adalah salah satu kunci dalam mengolah serai. Cara yang benar adalah dengan mencuci bersih dan dikeringkan sebelum disimpan di dalam wadah kedap udara, lalu taruh di freezer. Dengan menggunakan cara ini, serai akan lebih tahan lama dan tidak cepat mengering. 

Nah itu dia cara-cara mengolah serai agar rasa dan aromanya maksimal, Moms. O ya, tahukah Moms, tanaman yang juga banyak diolah sebagai minyak atsiri ini juga bisa dikonsumsi sebagai teh, lho! Serai mengandung antioksidan, antijamur, juga tinggi zat-zat anti inflamasi seperti asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin, sehingga baik dikonsumsi sebagai minuman kesehatan. Nah, tapi jangan lupa, kalau Moms punya kondisi kesehatan tertentu, konsultasi lebih dulu sebelum mengonsumsi serai sebagai obat, ya!

Baca Juga :Tips Mengolah Brokoli untuk Anak