Gaya hidup sering kali lebih mahal dari biaya hidup ya, Moms. Tanpa disadari, terkadang kita melakukan gaya hidup yang akhirnya menjerumuskan diri ke dalam jeratan utang. Hidup bermewah-mewahan, melakukan pemborosan adalah gaya hidup yang membuat keuangan kita kembang kempis.

Bicara hidup sederhana, mungkin, Moms bisa ikuti gaya hidup salah seorang dari 10 orang terkaya dunia, Warren Buffett. Ia dikenal sebagai investor kakap yang dikenal sebagai grup Oracle of Omaha. Dia juga seorang CEO Berkshire Hathaway. Kekayaan bersih yang ia miliki mencapai sekitar U$ 105,6 miliar atau Rp 1.465 triliun! 

Meski kekayaannya bejibun, orang terkaya ke-6 di dunia versi Forbes (2021) ini dikenal sebagai  penikmat kehidupan yang sederhana, sambil terus menggelontorkan uangnya untuk kegiatan amal dan sosial.  

Coba cek kehidupannya. Siapa tahu menjadi inspirasi dan pembelajaran bagi Moms untuk lebih hemat tanpa merasa kesusahan.

1. Rumah = Rumah yang dibeli pada 1958

Miliarder pasti tinggal di rumah mewah, bukan? Tapi itu bukan kelakuan seorang Buffet.

Dia tinggal di kediaman yang sama di Omaha, Nebraska, yang dia beli pada tahun 1958 seharga U$ 31.500 atau Rp 448 juta, setara dengan sekitar U$ 285.000 atau Rp 4 miliar pada nilai mata uang dolar tahun lalu.

Buffett tidak berniat menjual rumahnya sendiri. "Saya tidak akan menukarnya dengan apa pun," katanya kepada CNBC awal tahun ini.

Jadi, sebisa mungkin pertahankan rumah Moms. Jangan memaksakan membeli rumah di luar kemampuan. Daripada ngos-ngosan membayar cicilan rumah di komplek yang mahal, lebih baik Moms menempatkan lebih banyak uang untuk tabungan atau pensiun.

Dan jika harus mengambil pinjaman, ambil angsuran yang paling lama. "Jika Anda salah, dan tarif naik menjadi 2 persen (meski menurut saya tidak akan terjadi), Anda tetap mampu membayarnya," kata Buffet.

2. Sarapan tak perlu mahal

Moms mungkin menganggap miliarder ini makan siang di restoran paling mewah, atau memiliki koki pribadi yang menyiapkan apa pun menu bagi Moms, seperti dalam film Crazy Rich Asian. Mungkin miliader lain begitu. Tidak, bagi Buffet.

Dalam hal makanan, investor ini dikenal  sangat hemat. Ia memulai harinya dengan mampir di drive thru restoran McD saat berkendara menuju tempat kerja, lapor CNBC. Apa pun pilihan sarapannya itu tidak lebih dari US$3,8 atau setara Rp 55 ribu!

Teman baiknya, Bill Gates, miliader yang merupakan pendiri Microsoft, mengomentari kebiasaaan sarapan Buffet ini di blognya: "Satu hal yang mengejutkan untuk dipelajari tentang Warren adalah dia pada dasarnya tetap makan apa yang dia suka ketika dia berusia 6 tahun," tulis Gates. 

Beberapa menilai sarapannya ini tidak sehat. Tapi, Buffett dalam wawancara dengan Fortune (2015) mengungkapkan: "Saya memeriksa tabel aktuaria. Di sana terlihat tingkat kematian terendah adalah di antara anak usia 6 tahun. Jadi saya memutuskan untuk makan seperti anak berusia 6 tahun. Ini cara teraman yang saya bisa ambil."

Terlepas dari bahaya junkfood, terbukti hingga usianya di tahun ini mencapai 91 tahun, Buffet terlihat cukup bugar dan sehat.

3. Beli Mobil dengan harga lebih murah

Beberapa CEO berkeliling dengan mobil seharga jutaan dolar dana keluaran paling baru, tidak demikian pada Buffet. Dalam sebuah film dokumenter BBC, putrinya, Susie Buffett, mengatakan ayahnya berusaha membeli mobil dengan harga lebih murah, seperti mobil yang rusak akibat hujan es. Mobil-mobil itu kemudian ia perbaiki. Ia pun jarang ganti mobil. 

Buffett juga memberi tahu Forbes (2014) tentang kebiasaan membeli mobilnya. "Sebenarnya, saya hanya berkendara sekitar 3.500 mil setahun jadi saya akan sangat jarang membeli mobil baru," katanya.

Jadi bila Moms mulai tergoda ingin ganti mobil atau membeli mobil lagi, coba ingat: Mobil cenderung terdepresiasi dengan cepat. Jadi menumpuk mobil di rumah atau hobi gonta ganti mobil tak ada gunanya.

Lebih baik lakukan perawatan mobil agar berfungsi dengan baik selama mungkin. Kalau pun harus membeli, pertimbangkan membeli mobil bekas daripada baru.

4. Menikmati hobi dengan dana terjangkau

Keanggotaan di klub golf atau membership di gym ternama menjadi incaran kaum berduit masa kini dengan atas nama hobi. Tentu semua ini berharga mahal. Padahal hobi yang bisa menjadi pelepas penat bekerja tak harus mahal. 

Hobi Buffett contohnya. Ia hobi bermain bridge yang tidak membutuhkan biaya besar. "Jika saya sedang bermain bridge, dan seorang wanita telanjang lewat, saya bahkan tidak melihatnya," kata Buffett dalam wawancara CBS News di acara Sunday Morning. Ia mengaku  bermain game ini sekitar 8 jam dalam seminggu.

Hobi lainnya, ia suka memetik ukulele dan bernyanyi. Murah juga bukan?

5. Perlakukan temannya dengan baik, tapi tidak memanjakan

Moms hobi mentraktir teman atau memberikan beragam hadiah agar teman menjadi baik dan loyal terhadap Moms? Salah banget

Buffet dianggap Bill Gates sebagai salah satu sahabat baiknya, bukan karena aksi megah dan mahal untuk dirinya. Sebaliknya, ini hanya tentang bagaimana cara memperlakukan orang lain. Dalam posting blognya (2016), orang terkaya nomor ke-4 di dunia ini memberikan contoh bagaimana Buffett cara bijak memperlakukan teman. 

Misalnya, Buffet menyempatkan diri menjemput Bill Gates di bandara, saat ia datang ke kota Buffet berdomisili. Buffet bahkan mengendarai mobilnya sendiri. Di tengah kesibukannya mengamati turun naiknya saham, Buffet tetap sering menelepon. Ia pun  rajin mengirimkan lewat pos kliping berita tentang Bill Gates. 

Jadi, aksi manis atau memberikan sentuhan khusus sesungguhnya lebih berarti daripada Moms menghabiskan banyak uang untuk ikut hang out atau mentraktir teman. 

6. Ganti gadget ketika rusak

Meskipun tergoda untuk berbelanja secara royal pada teknologi terbaru, Buffett hanya memperbarui ponselnya saat dia benar-benar membutuhkannya. Ia baru mengganti ponsel flip Nokia, yang telah dia pegang selama bertahun-tahun, ketika ponsel ini hilang permanen pada tahun lalu. Di saat ini baru ia berganti dengan iPhone 11.

Jadi, stop hobi ganti model terbaru setiap tahun. Lebih baik Moms mencari cara menghemat pengeluaran telepon Moms dan keluarga. Seperti membeli paket keluarga untuk berbagi data.

7. Tidak boros dengan pakaian desainer

Pakaian bermerek, terlebih dari brand dan desainer ternama menjadi ciri seseorang itu berduit. Tidak harus begitu. Buffet mengaku setelan jas miliknya dibuat oleh seorang penjahit Cina bernama Madam Li. Ia menemukan penjahit ini sejak 2007. Ia menemukan kecocokan dan puas akan jahitan Madam Li. Buffet pun mengaku banyak orang memuji setelan jasnya. 

Jadi, ketimbang Moms harus menggesek kartu kredit untuk mencicil baju desainer atau brand dari butik ternama, coba cari penjahit yang cocok. Kalau pun ingin membeli langsung, pastikan Moms melihat kualitas dulu daripada merek.

8. Pakai kupon atau promo diskon

Bill Gates dan mantan istrinya Melinda menjadi saksi sewaktu Buffett membayar makan siang di sebuah resto cepat saji menggunakan kupon makanan. Bill tidak merasa malu dengan kelakuan sahabatnya itu. Kelakuan Buffet itu justru mengingatkan untuk  menghargai kesepakatan yang bagus.

Nah, Moms jika ada penawaran kartu diskon atau promo diskon di offline maupun online, jangan malu memakainya. Saat makan di resto juga sah-sah Moms menanyakan promo diskon untuk pembayaran atau menu paket makan.

9. Menghargai hubungan di atas materi

Buffett menjelaskan pilihannya untuk hidup hemat selama sesi tanya jawab yang dia lakukan dengan sekelompok siswa sekolah bisnis (2009). "Anda tidak bisa membeli kesehatan dan Anda tidak bisa membeli cinta," kata Buffett. “Saya lebih suka bermain golf di sini dengan orang-orang yang saya sukai daripada di lapangan golf paling mewah di dunia."

Dan dalam wawancara tahun 2017 dengan People, Susie Buffett mengatakan tentang ayahnya: “Orang mungkin tidak menyadari, dia punya banyak cicit dan dia bisa memberi tahu Anda segalanya tentang apa yang mereka semua lakukan. Dia tahu setiap anak-anak itu dan dia tahu tentang kehidupan mereka, ” katanya.

Jadi, boleh-boleh saja Moms sibuk berkarier atau mengembangkan bisnis untuk mengumpulkan sebanyak mungkin. Namun, pada akhirnya kasih sayang kepada keluarga wajib didahulukan. 

Baca Juga :9 Seleb Hollywood Penganut Frugal Living