Tidak semua ibu yang melahirkan, beruntung mempertahankan keutuhan perineumnya dan bisa melahirkan bayinya tanpa robekan sedikit pun. Banyak ibu yang harus melewati proses episiotomi ataupun robekan tak disengaja demi bertemu dengan si buah hati. 

Saya sendiri pun termasuk yang harus melewati proses ini, dan saya paham pada beberapa orang proses ini akan terasa lebih berat dan menyakitkan. Untuk Moms yang sedang merasakan perihnya luka jahitan melahirkan, Moms bisa lakukan 4 cara berikut ini untuk merawat luka jahitan agar cepat kering.

Baca Juga : Persiapan Melahirkan di Tengah Wabah Pandemik

Kompres es 

Luka jahitan perineum bisa membengkak dan membuat Moms sangat tidak nyaman. Kompres dingin selama 10-20 menit di area jahitan tersebut bisa mengurangi bengkaknya. Moms bisa mencari di apotik ice packs yang bisa Moms kenakan seperti pembalut. Saat menggunakan ice packs, lapisi dengan kain untuk menghindari iritasi kulit, dan jangan gunakan lebih dari 20 menit karena akan merusak jaringan saraf. 

Duduk berendam air hangat 

Ini adalah salah satu saran yang dokter kandungan saya berikan untuk merawat luka jahitan agar cepat kering. Moms bisa menggunakan baskom besar yang diisi air hangat, dan duduk merendam hanya bokong di dalamnya beberapa menit setiap habis mandi. Setelah selesai jangan gesekkan handuk ke bagian yang luka, tapi hanya ditepuk-tepuk ringan untuk mengeringkannya. Moms juga bisa menggunakan mangkok sitz bath yang bisa diletakkan di atas dudukan toilet untuk lebih mudahnya. 

Usahakan istirahat dan makan bergizi 

Bayi yang baru lahir mungkin tidak akan mengizinkan Moms untuk cukup beristirahat, tetapi usahakan beristirahat sebanyak yang Moms bisa. Jangan ragu untuk meminta bantuan suami dan anggota keluarga lainnya. Jaga asupan nutrisi agar pemulihan luka menjadi lebih cepat. Perbanyak asupan sayuran hijau dan makanan berprotein tinggi seperti telur, salmon, ayam, biji-bijian dan kacang-kacangan. Organ dalam seperti hati, lidah, dan otak juga baik untuk pemulihan karena mengandung vitamin A dan protein yang cukup tinggi. Jangan lupa cukup air putih setiap harinya ya, Moms. 

Baca Juga : Pentingnya Makanan Pertama Setelah Bersalin

Jaga Kebersihan 

Tidak ada yang lebih buruk daripada infeksi sekunder pada luka jahitan. Oleh karena itu, jaga area jahitan agar tidak lembap dan tetap bersih ya, Moms. Gunakan juga celana dalam dan pembalut berbahan yang lembut agar tidak mengiritasi.

Nah, selain menerapkan 4 cara merawat luka jahitan agar cepat kering di atas, pastikan Moms kontrol jahitan sesuai jadwal ke dokter, ya.

Baca Juga : Hal-hal YangTidak Perlu Ditanya Pada Ibu yang Baru Selesai Cuti Melahirkan