Proses melahirkan merupakan momen penting dalam perjalanan Moms sebagai orangtua. Maka, tak jarang kini para Moms dan pasangan memilih untuk mengabadikan momen penuh haru ini dibantu dengan fotografer profesional, atau yang disebut birth photography atau fotografer kelahiran.

Fenomena digital dan media sosial

Tren ini naik bersamaan dengan naiknya penggunaan media digital dan media sosial dan mentransformasikan peristiwa “tertutup” menjadi sesuatu yang akan tertangkap kamera untuk dibagikan ke audiens yang lebih luas. 

Baca Juga : Kiat Foto Kehamilan Cantik Meski #DiRumahAja

Di Indonesia, jasa birth photography dibanderol sekitar Rp 3 juta rupiah untuk paket foto saja hingga di atas Rp 5 juta untuk paket lengkap. 

Jika Moms ingin memakai jasa birth photography, ada beberapa hal yang perlu Moms persiapkan, yaitu izin dari tim medis rumah sakit tempat Moms bersalin untuk membolehkan fotografer masuk, diskusi dengan fotografer mengenai konsep fotografi kelahiran yang Moms inginkan hingga koordinasi soal waktu dengan fotografernya- mengingat proses persalinan adalah proses yang tidak mudah, butuh persiapan, bahkan bisa terjadi di luar dugaan. 

Alasan memilih birth photography

Kini sudah semakin banyak Moms yang memilih untuk mendokumentasikan kelahiran si Kecil ke dunia melalui fotografer kelahiran. Berikut alasan Moms memilih birth photography, yaitu:

Apa pun prosesnya, di manapun tempatnya, persalinan merupakan kejadian yang luar biasa, di mana Moms merasakan segala perubahan begitu si Kecil keluar dari rahim. Saat pertama kali Moms memeluk tubuh mungil yang selama sembilan bulan terakhir selalu bersama Moms. Terkadang kata-kata sulit menangkap momen ini, maka seni fotografi mungkin bisa mengabadikan semua emosi dari menit-menit pertama kebersamaan Moms dengan si buah hati.

Dengan adanya “bukti” foto-foto dan video yang dapat diputar ulang saat melalui proses persalinan, dapat meningkatkan keterikatan antara keluarga, termasuk pada si Kecil. Ia akan melihat bagaimana susah payahnya Moms melahirkannya ke dunia dan menyadari bahwa peran Moms dalam hidupnya begitu besar dan penting. 

Dalam hal persalinan, tidak ada “pengulangan” seperti syuting film. Menggunakan jasa fotografer kelahiran yang professional berarti Moms mempercayakannya untuk menghasilkan foto dan video yang sesuai dengan konsep apa pun tantangan yang dihadapinya dari kelahiran. Bagaimana pun situasi persalinan Moms, seorang fotografer yang memiliki keterampilan teknis dan kemampuan artistik dapat menghasilkan “karya seni” dari keadaan yang paling tidak terduga.

Saat Moms melahirkan, sudah sepatutnya didampingi oleh orang-orang tercinta untuk memberikan dukungan di waktu-waktu ini. Begitu pula kerja keras tim dokter untuk mengeluarkan dan memastikan si Kecil dan Moms tetap sehat. Fotografer dapat menangkap keterlibatan berbagai pihak dan situasi emosional saat melahirkan seorang bayi ke dunia.