Masa kelahiran sudah semakin dekat nih,  Moms, saatnya bersiap-siap mengambil cuti bagi Moms yang bekerja. 

Di Indonesia, cuti melahirkan diberikan selama 3 bulan dan perusahaan wajib memberikan hak cuti melahirkan bagi setiap pegawai wanita  hamil dan menjalani proses persalinan. Cuti melahirkan yang telah diatur dalam UU No. 13 tahun 2013, pasal 82 ayat (1) menyebutkan bahwa pekerja/buruh perempuan berhak memperoleh istirahat selama 1,5 bulan sebelum melahirkan dan 1,5 bulan setelah melahirkan menurut perhitungan dokter kandungan atau bidan. 

Nah, bagi Moms yang sudah mengajukan cuti tentu akan merasa bingung nih, untuk menentukan  kegiatan apa saja yang perlu dilakukan sebelum Si Kecil lahir, agar tetap produktif. Tidak perlu khawatir, Moms, berikut adalah beberapa kegiatan anti mager yang bisa Moms lakukan selama cuti melahirkan, di antaranya: 

Baca Juga :Persiapan Cuti Melahirkan

Tetap Bangun Pagi 

Meski judulnya cuti, bukan berarti Moms tidak bangun pagi ya! Tetaplah untuk melakukan rutinitas yang baik di pagi hari, seperti bangun lebih awal, melakukan olahraga kecil untuk kelancaran melahirkan, mandi dan sarapan sehat tentunya. 

Biar Relaks, Spa Dulu Moms 

Melakukan spa khusus kehamilan dapat mengurangi keluhan yang Moms alami pada trimester ketiga, seperti sakit punggung dan tubuh yang mudah lelah. Bukan hanya itu, relaksasi di spa juga dapat membuat pikiran Moms lebih tenang untuk menghadapi proses melahirkan nanti. 

Membaca Buku Seputar Melahirkan & Parenting 

Yuk, tambah ilmu dengan membaca buku seputar melahirkan dan parenting saat merawat si Kecil nanti. Bukan hanya untuk menambah ilmu Moms, membaca buku juga bisa membuat si Kecil di dalam kandungan terbiasa dengan kegiatan yang Moms lakukan. 

Bergabung dengan Komunitas Sesama Moms 

Bukan hanya dari buku, tambahan ilmu juga bisa didapatkan dengan bergabung bersama komunitas sesama Moms. Di dalam komunitas ini, Moms berkesempatan untuk menjalin pertemanan baru dan bertukar cerita tentang persiapan, keseruan, hingga pengalaman menjelang persalinan. Yakin deh, dengan banyaknya teman seperjuangan,  Moms akan lebih tenang dan siap untuk menghadapi persalinan nanti. 

Menyiapkan Babybook 

Pastikan saat si Kecil lahir, Moms sudah siap untuk mengabadikan momen terindahnya selama kehamilan, kelahiran, hingga si Kecil menjalani tahun pertama kehidupannya. Tentu ini akan menjadi kenangan manis untuk keluarga dan juga si Kecil saat ia besar kelak. 

Seleksi Calon Pengasuh si Kecil 

Bagi Moms yang akan tetap bekerja setelah masa cuti melahirkan habis, tentu mencari pengasuh adalah hal yang yang paling penting untuk merawat si Kecil saat Moms bekerja. Diskusikan hal ini bersama pasangan dan orang tua, dan jika ingin dirawat dengan pengasuh atau perawat maka pilihlah dari yayasan yang terpercaya. 

Nah, enggak ada kata mager saat menjalankan cuti melahirkan kan Moms? Yuk, sehatkan pikiran untuk mempersiapkan hari kelahiran si Kecil. Semoga bermanfaat. 

Baca Juga :Kegiatan Produktif Saat Cuti Melahirkan