Di Indonesia,  pemerintah mengatur untuk cuti melahirkan bagi Moms hamil selama 1,5 bulan sebelum melahirkan dan 1,5 bulan setelah melahirkan. Walau tidak seluruh perusahaan menerapkan peraturan tersebut, namun umumnya rata-rata cuti melahirkan adalah 1-3 bulan. 

Selama waktu cuti, umumnya para Moms yang baru melahirkan, akan lebih disibukkan dengan kegiatan baru sebagai ibu dengan newborn. Selama cuti, apalagi di masa pandemi sekarang ini,  mungkin Moms lebih memilih menghabiskan waktu lebih banyak di rumah. 

Untuk mengusir rasa bosan selama cuti melahirkan di rumah, Moms bisa mengisinya dengan kegiatan-kegiatan berikut ini: 

Baca Juga :Persiapan Cuti Melahirkan

Adaptasi sebagai orang tua baru

Manfaatkan waktu cuti melahirkan untuk Moms belajar mengenai kebutuhan si Kecil dan menerima diri Moms sekarang yang sudah menjadi seorang ibu. Membangun kedekatan dengan si Kecil bisa menumbuhkan keyakinan Moms tentang peran baru Moms ini. Pelajari juga mengenai perkembangan dan pertumbuhan si Kecil, misalnya pada usia berapa si Kecil bisa mengoceh, merangkak dan sebagainya. 

Menulis jurnal 

Selama masa cuti melahirkan,  Moms bisa memanfaatkan waktu untuk menulis jurnal harian hingga goals hidup ke depannya. Menulis jurnal harian selain membantu kegiatan sehari hari menjadi terorganisir,  juga mampu membantu Moms dalam membuat langkah-langkah secara detail untuk mencapai mimpi dan tujuan Moms di masa depan. 

Olahraga ringan 

Selama proses persalinan hingga masa menyusui, tentunya  Moms akan merasa sering kelelahan atau  pegal-pegal. Maka, olahraga ringan mungkin membantu Moms untuk merasa lebih segar setiap harinya. Cukup 5-10 menit perhari untuk olahraga ringan setiap harinya. 

Baca Juga : Waktu Tepat Olahraga Setelah Melahirkan

Persiapan kembali bekerja

Baru cuti sudah bersiap untuk kembali bekerja? Ya, Moms. Selama cuti, Moms harus mulai memikirkan bagaimana jika Moms kembali bekerja dan meninggalkan si Kecil di rumah. Pertimbangkan mengenai beberapa hal penting seperti pemberian ASI atau pengasuhan si Kecil. 

Temukan hobi baru 

 Selama cuti melahirkan,  Moms bisa menemukan hobi baru bersama si Kecil, seperti mengajak si Kecil bermain bersama atau mulai hobi yang lain. Tapi pastikan hobi baru yang Moms jalani tersebut membuat Moms merasa lebih bahagia setiap harinya. 

Jadi Moms, berapa lama lagi pengajuan cutinya? Jangan lupa untuk menerapkan beberapa kegiatan bermanfaat di atas ya,  Moms.