Perubahan pada rambut dan kulit yang Moms alami setelah melahirkan, seperti rambut rontok atau kulit berjerawat, biasanya terjadi hanya sementara, dan  akan kembali normal seiring berjalannya waktu. Terdapat beberapa trik untuk mengembalikan glowing setelah melahirkan.

Masalah kulit dan rambut 

Rambut dan kulit termasuk bagian yang mengalami banyak perubahan selama dan setelah kehamilan. Beberapa Moms mengalami timbulnya jerawat, pigmentasi, stretch mark, mata bengkak, lingkaran hitam di sekitar mata, dan rambut rontok. 

Hal ini wajar terjadi, Moms, setelah si Kecil lahir, fokus Moms tercurah padanya hingga tidak ada waktu untuk merawat diri sendiri. Namun, merawat diri dengan sederhana dapat Moms lakukan hanya selama 10 menit. 

Rambut rontok merupakan salah satu masalah umum yang terjadi pada Moms setelah bulan ketiga menuju keempat setelah melahirkan. Hal ini terjadi karena selama kehamilan di mana kadar hormon naik, rambut berada pada fase pertumbuhan dan fase rontoknya mengalami perlambatan. Maka biasanya saat hamil, rambut Moms akan tampak lebih indah dan berkilau.

Setelah melahirkan, level hormon dan siklus pertumbuhan rambut pun kembali normal. Oleh karena itu, Moms akan melalui fase rambut rontok. Jangan khawatir, ini adalah hal yang normal dan Moms tidak akan mengalami kebotakan. Fase kerontokan rambut hanya berlangsung sementara, dan rambut Moms akan kembali normal pada enam hingga 12 bulan setelah melahirkan.

Baca Juga : Menyikapi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Sementara beberapa kondisi dapat terjadi pada kulit Moms setelah melahirkan, yaitu jerawat, pigmentasi, lingkar hitam dan bengkak di sekitar mata, juga stretch mark.  

Selama kehamilan, kadar hormon progesteron yang tinggi dapat menyebabkan kulit Moms mengeluarkan minyak berlebihan dan mengakibatkan jerawat. Setelah melahirkan, karena kembali terjadi perubahan kadar hormon, kemungkinan muncul jerawat pada kulit, bahkan jika kulit Moms bersih selama kehamilan.

Pigmentasi atau melasma adalah bercak atau bintik hitam yang muncul di kulit. Ini disebabkan oleh tingginya kadar estrogen dan progesteron selama kehamilan. Bercak dan garis di bawah perut Moms akan memudar dengan sendirinya setelah melahirkan.

Baca Juga : Stretch Mark dan Kehamilan

Lingkar hitam dan bengkak di sekitar mata juga disebabkan oleh perubahan kadar hormon dan kekurangan tidur setelah melahirkan. Mata cenderung menunjukkan rasa lelah yang dialami tubuh melalui bengkak dan lingkaran hitam.

Stretch mark agak sulit untuk dihilangkan. Guratan kecil ini muncul akibat peregangan pada kulit saat hamil, lalu kontraksi tiba-tiba setelah bayi lahir menyebabkan lapisan tengah kulit (dermis) menipis dan lapisan di bawahnya muncul ke permukaan. Biasanya stretch mark ditemukan di payudara, perut, bokong, paha, dan bagian belakang lutut.

Perawatan pascamelahirkan

Moms dapat mengaplikasikan lima cara cepat untuk merawat kulit dan rambut setelah melahirkan:

 

 

Usahakan untuk rutin membersihkan wajah dengan pembersih wajah dua kali sehari, untuk menjaga kulit Moms tetap bersih dan segar

 

 

Gunakan juga pelembap dua kali sehari, untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan kenyal. Moms dapat menggunakan krim mata yang berbeda untuk menghilangkan lingkar hitam dan mata bengkak.

 

 

Penting untuk melindungi kulit dari matahari menggunakan sunscreen. Ini juga dapat menjauhkan Moms dari jerawat dan pigmentasi. 

 

 

Seminggu sekali, gunakan scrub dengan butiran lunak untuk menghilangkan sel kulit mati dari kulit Moms. Ini dapat membantu mencerahkan bintik hitam dan mengurangi jerawat.

 

 

Rambut juga setidaknya dicuci dua hingga tiga kali dalam seminggu dengan sampo anti rontok, gunakan pula conditioner ya, Moms. 

Perawatan setelah melahirkan juga mencakup konsumsi makanan bergizi seimbang dan  mengandung antioksidan yang dapat memperkuat akar rambut.

Baca Juga : 4 Cara Merawat Luka Jahitan Melahirkan Agar Cepat Kering