Rasanya hampir semua Moms sepakat bahwa menyusui bukanlah hal yang mudah. Ada banyak drama yang menyertainya, mulai dari si Kecil yang menolak menyusu, puting berdarah, mastitis, hingga yang paling sering terjadi, produksi ASI yang tidak cukup. 

Tapi tahukah Moms, banyak ibu yang mengeluhkan ASI mereka tidak cukup, padahal sebenarnya tidak. Selama Moms menyusui sesuai permintaan bayi, bayi tidak tampak dehidrasi, berat badan bayi naik sesuai usianya, dan si Kecil tampak aktif, berarti jumlah ASI yang tubuh Moms produksi cukup untuk kebutuhan si buah hati. 

Walau begitu, memang tidak ada ruginya mengonsumsi sayur dan buah yang dipercaya bisa memperlancar ASI, Moms. Meski perlu digarisbawahi, penelitian terhadap makanan-makanan yang diklaim bisa memperlancar ASI ini tidak banyak, dan kebanyakan hanya berdasarkan pengalaman para ibu secara turun temurun. 

Nah, apa Moms tahu apa saja sayur dan buah yang sering disebut bisa memperlancar ASI ini? Berikut ulasannya. 

Daun Ruku-Ruku 

Daun ruku-ruku atau holy basil atau tulsi adalah tanaman yang berasal dari Asia Tenggara yang memiliki bentuk dan wangi yang mirip dengan kemangi. Selain banyak digunakan sebagai pelancar ASI, daun ruku-ruku ini memiliki banyak manfaat kesehatan seperti melancarkan pencernaan dan membuat relaks. 

Pepaya Mentah 

Pepaya yang belum matang secara tradisional banyak digunakan sebagai pelancar ASI di berbagai daerah di Asia. Cara makannya bisa diparut dan campurkan ke dalam salad. 

Wortel 

Wortel kaya akan vitamin A dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Moms bisa memakan wortel dalam bentuk salad atau menjadikannya jus di pagi hari. 

Pare 

Sayur pahit yang satu ini tinggi kandungan air sehingga bisa membantu menghidrasi ibu menyusui. Pare mudah dicerna dan dipercaya bisa meningkatkan suplai ASI. 

Kelor 

Daun kecil-kecil kelor memiliki nutrisi yang tinggi lHo, Moms. Daun kelor tinggi zat besi, kalsium, protein, vitamin C, potassium, dan juga kaya antioksidan. Tidak hanya membantu memperlancar ASI, daun kelor yang enak ditumis ini juga berfungsi sebagai antiinflamasi dan baik untuk daya tahan tubuh. 

Nah itu dia beberapa buah dan sayur untuk memperlancar ASI. Selain makanan, untuk memastikan produksi ASI lancar, Moms juga harus cukup tidur, dan mengelola stres dengan baik. Kalau masalah penyusuan masih terus berlanjut, kunjungi konsultan laktasi terdekat ya, Moms! 

Baca Juga :Jenis Makanan untuk Memperlancar ASI