Ada dua hal penting yang memegang peranan penting untuk keberhasilan Moms menyusui ASI si Kecil. Pertama, posisi Moms dalam memegang bayi. Dan, kedua adalah perlekatan (lacht on) mulut bayi dengan payudara Moms. 

Dengan memosisikan dan melekatkan bayi dengan benar juga akan mencegah puting lecet dan menjaga pasokan ASI mencukupi. Berikut step by step posisi menyusui yang bisa Moms ikuti, khususnya bagi Moms yang memiliki bayi baru: 

1. Posisikan diri Moms senyaman mungkin, caranya: 

2. Posisikan kepala bayi Moms pada sepertiga atas lengan bawah di sisi payudara yang sama.

3. Buatlah si Kecil berbaring miring menghadap ke Moms, sehingga perut Moms menempel pada perut bayi, dan dada Moms menempel pada dadanya, serta wajah si Kecil menghadap payudara.

4. Usahakan tubuh bayi berbaring dalam 1 garis lurus sehingga telinga, bahu, dan panggul berada pada 1 garis lurus. Hidung bayi menghadap ke puting

5. Sangga seluruh tubuh si Kecil dengan baik: 

6. Pegang payudara oleh tangan Moms yang bebas menyangga. Ibu jari di bagian atas payudara, kurang lebih berjarak 1 jari di atas areola atas. Untuk  4 jari yang lainnya menyangga payudara di bagian bawah, sehingga payudara terangkat dan puting mengarah ke atas. Lalu, dekatkan bayi ke Moms.

7. Rangsang bayi agar membuka mulutnya dengan menyentuhkan puting pada bibirnya.

8. Tunggu bayi membuka mulutnya selebar mungkin. Saat itu, baru masukkan payudara ke dalam mulut bayi, setidaknya hingga bagian aerola tertutup mulut bayi. Ini memastikan bayi melekat dengan payudara. Dengan cara ini  pun akan membuat semakin banyak saluran ASI yang masuk ke dalam mulut bayi dan ujung puting berada pada langit-langit lunak bayi. 

9. Periksa untuk melihat kemungkinan payudara menyumbat hidung si Kecil. Caranya: 

10. Si Kecil yang sudah melekat dengan akan memberikan isapan yang dapat dirasakan oleh Moms.

Perlekatan Moms dan Bayi

“Menyusui anak dengan ASI itu sakit,” begitu keluhan banyak Moms. Sehingga akhirnya melewatkan kesempatan memberikan ASI sendiri kepada si Kecil. Padahal, ASI sudah terbukti memberikan manfaat besar bagi anak maupun ibu. 

Menyusui seharusnya tidak membuat Moms merasa sakit. Selain memastikan posisi yang nyaman dan benar, ternyata masalah yang sering menimbulkan kesakitan ini adalah soal perlekatan bayi dengan payudara ibu yang tidak tepat.  

Berikut beberapa tanda penting yang menunjukkan bahwa si kecil dengan baik saat menyusui :

Bayi Moms menyusu dengan baik bila ia  mengisap dengan pelan, berirama, tidak tergesa-gesa, dan tidak terdengar bunyi berdecak. Yang terdengar oleh Moms hanyalah  suara bayi menelan. Pipi si Kecil pun saat menyusui ini terlihat menggembung, dan Moms tidak merasakan nyeri. Happy menyusui.

Baca Juga : Manfaat Menyusui Secara Psikologis bagi Moms dan si Kecil