Wah, tidak terasa si Kecil sudah mau memasuki masa MPASI ya, Moms? Pastinya Moms semangat sekali nih, berburu bahan makanan dan resep-resep MPASI demi mengenalkan si Kecil pada nikmatnya petualangan rasa. 

Sudah terbayang akan menyajikan protein apa untuk menu pertama si Kecil? Apakah ikan salmon? Ikan salmon termasuk protein yang populer digunakan dalam MPASI, lho, Moms. Hal ini sebab salmon merupakan salah satu ikan laut yang bergizi tinggi dan bertekstur lembut, sehingga cocok untuk bayi yang masih belajar mengunyah. 

Kapan Boleh Mengenalkan Salmon?

Sebenarnya salmon sudah boleh dikenalkan pada bayi sejak awal MPASI. Namun, dengan catatan, dicoba sedikit-sedikit lebih dulu. Tujuannya untuk mengecek apakah si Kecil alergi dengan salmon atau tidak. Soalnya, salmon adalah satu ikan laut yang umum menjadi alergen. Tekstur salmon yang lembut tetapi tetap padat membuatnya cocok menjadi  finger food untuk bayi-bayi yang sudah mahir menggunakan tangannya sendiri. Untuk bayi-bayi yang masih disuapi, salmon juga lezat dijadikan campuran buburnya.

 Mengolah Salmon untuk MPASI 

Menyajikan salmon untuk bayi MPASI bisa dengan memanggangnya, mengukus, atau merebusnya. Tapi Moms harus perhatikan bahwa salmon tersebut telah matang sempurna sebelum memberikannya pada si Kecil. Tanda salmon telah matang sempurna adalah warnanya menjadi buram dan dagingnya mudah dipisahkan dengan garpu. Jangan lupa pisahkan duri-duri halus yang mungkin ada di salmon sebelum memasukkannya ke dalam menu si Kecil ya, Moms! 

Kalau Moms ingin memberikan dalam bentuk finger food, potong memanjang salmon yang seukuran dengan genggaman si buah hati dan sesuaikan dengan kemampuan menggenggamnya. Semakin ahli si kecil, Moms bisa memberikan potongan yang semakin kecil dan mengajari si Kecil menggunakan garpu untuk menusuknya. 

Manfaat Salmon 

Salmon kaya omega 3 yang baik untuk perkembangan otak dan mata si Kecil. Selain itu salmon juga mengandung vitamin D yang baik untuk mendukung kesehatan tulang dan imunitas si Kecil. Salmon juga termasuk ikan laut yang rendah merkuri, jadi tidak perlu terlalu was-was saat si kecil mengonsumsinya. 

Salmon tidak hanya enak untuk MPASI, orang dewasa pun menyukai rasanya, sehingga cocok untuk dijadikan menu makanan sekeluarga. Bagaimana Moms, sudah terbayang akan memasak masakan apa dengan salmon untuk MPASI nanti?

Baca Juga :3 Fakta Tentang Seafood Untuk MPASI