Apakah si Kecil sebentar lagi memasuki masa pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu atau MP-ASI? Pasti rasanya berdebar-debar penuh berbagai ekspektasi ya, Moms. 

Saat baru memulai MP-ASI biasanya para ibu memiliki banyak pertanyaan dan keraguan. Nah, salah satu pertanyaan yang banyak dilontarkan oleh para ibu muda mengenai MP-ASI adalah tentang seafood. Apakah boleh seafood untuk MP-ASI? Bagaimana aturan pemberiannya? Berapa banyaknya? Biar Moms tidak bingung, yuk, kita simak fakta-fakta mengenai seafood untuk MP-ASI si Kecil. 

Baca Juga :4 Resep MPASI Seleb Indonesia

Boleh dari Awal MP-ASI 

Ada banyak ibu yang khawatir anaknya akan alergi jika diberikan makanan yang berasal dari seafood seperti ikan dan kerang-kerangan terlalu dini. Faktanya nih Moms, mengutip laman jurnal American Academy of Pediatrics, disebutkan bahwa konsumsi ikan sedari dini justru bisa mencegah terjadinya alergi seperti eksim, asma, dan rinitis alergi. 

Dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa anak-anak yang mengonsumsi ikan sebelum usianya 9 bulan memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami gejala-gejala alergi. Walaupun begitu, tidak bisa dipungkiri, memang masih banyak dokter yang berpegang pada panduan lama yang mengatakan sebaiknya makanan laut dihindari sampai usia 3 tahun untuk anak-anak berpotensi alergi, Moms. Rekomendasi penundaan ini sendiri sudah direvisi pada tahun 2008 oleh American Academy of Pediatrics menjadi hingga usia 4 sampai 6 bulan saja. 

Kenalkan Perlahan 

Walaupun asosiasi dokter anak Amerika memberi lampu hijau untuk bayi mencoba seafood, ikan laut dan teman-temannya tetaplah penyebab alergi yang umum, Moms. Jadi untuk berhati-hati, terlebih jika Moms dan Dads juga memiliki alergi, kenalkan makanan secara perlahan di dalam menu anak. 

Mulailah dengan jumlah sedikit dan pastikan seafood tersebut satu-satunya menu baru yang dicobakan ke anak di hari itu. Hal ini bertujuan agar Moms mudah melacak jika terjadi reaksi alergi. 

Risiko Cemaran Logam Berat dan Bahan Kimia 

Laut di bumi sudah banyak yang tercemar polutan, dan biota laut seperti ikan, kerang, dan udang pun juga tidak luput dari efeknya. Hewan-hewan laut ini menyerap cemaran logam berat dan bahan kimia berbahaya yang ada di laut. 

Untuk menghindari tubuh si Kecil dipenuhi oleh limbah-limbah ini, pilihlah seafood yang berasal dari sumber yang Moms percaya dan batasi konsumsinya 1 atau 2 kali seminggu. Untuk ikan pilihlah ikan-ikan yang rendah kadar merkurinya seperti salmon, sarden, dan teri. 

Nah, itu dia fakta-fakta mengenai seafood untuk MP-ASI. Semoga bermanfaat! 

Baca Juga :Resep MPASI Berbahan Ubi