Pemilihan menu finger food gampang gampang susah untuk bayi di atas 6 bulan,  karena harus memperhatikan makanan tersebut layak dikonsumsi bayi. Finger food bayi haruslah makanan yang bertekstur lunak, mudah dikunyah atau mudah lumer, serta tidak menyebabkan ia tersedak. Waktu terbaik untuk memberikan finger food saat anak usia 6-9 bulan, tepatnya sih saat anak sudah mulai bisa menggenggam dan memasukan makanan sendiri. Lalu menu apa aja sih yang bisa dijadikan finger food untuk bayi. Berikut ini beberapa ide menu finger food yang dapat Moms coba di rumah : 

Stik kentang keju 

Bahan :

1/4 kentang kukus haluskan 

3-4 sdm maizena 

Keju cheddar parut

Minyak goreng 

Cara membuat: 

Campur kentang yang sudah dihaluskan dengan maizena dan keju cheddar, lalu cetak seperti stik seukuran telunjuk agar mudah digenggam, lalu goreng hingga kuning kecokelatan.  Siap disajikan. 

Sayuran kukus 

Sayuran yang biasa dikukus untuk camilan adalah brokoli, wortel dan buncis. 

Cara membuat: 

Cukup cuci bersih sayuran, lalu kukus sampai matang. Siap disajikan. 

Buah potong 

Kalau untuk buah apel/pir, cukup dipotong lalu kukus biar teksturnya pas. Tapi untuk buah yang lain seperti pisang, pepaya, semangka, mangga langsung aja diberikan pada bayi setelah sebelumnya dipotong dan dicuci. 

Baca Juga : Pilihan Buah Segar untuk MPASI

Nugget ayam sayur 

Bahan: 

200 gram dada ayam giling 

1 buah wortel parut 

2 butir telur ayam 

2 sdm tepung terigu 

1 batang daun bawang

Keju cheddar, parut

Tepung panir untuk pelapis bumbu 

Bawang merah dan bawang putih 

Kaldu bubuk (bisa diskip)

Cara membuat: 

Campur semua bahan dengan bumbu, kecuali tepung panir dan 1 telur buat pelapis. Lalu masukkan ke dalam cetakan yang telah diolesi minyak,  kukus hingga matang. Keluarkan dari cetakan,  potong-potong sesuai selera,  lalu celupkan ke dalam kocokan telur,  lalu gulirkan di tepung panir.  Setelah itu, goreng sampai kuning kecokelatan.  Siap disajikan. Kalau  saya biasa buat 2 resep atau lebih sekalian, dan dijadikan stok frozen food yang tahan 1 bulan.

Baca Juga : 7 Makanan Terlarang untuk MPASI

Bola Nasi 

Bola nasi ini dibuat kecil-kecil seukuran sekali suap. 

Bahannya hanya nasi, ayam/ikan cincang, sayuran saring tambah evoo. Sedangkan cara membuatnya letakkan semua bahan dalam wadah. Lalu tambahkan  evoo, campur jadi satu, kemudian  bulatkan, Setelah bulat atasnya,  bisa diberi taburan abon ikan/ayam/rumput laut sesuai stok yang ada.

Itulah kelima menu finger food yang bisa dicoba dirumah ya Moms. Jangan lupa untuk perhatikan tekstur agar anak tidak tersedak. Selamat mencoba Moms.

Baca Juga : Inspirasi Finger Food: Muffin Pisang Bayam