Memasuki usia 6 bulan, si Kecil dan Moms mulai menapaki babak baru kehidupan yaitu MP-ASI. Pada masa ini, umumnya para Moms menjadi sedikit antusias sekaligus khawatir mengenai persiapan serta beberapa kemungkinan permasalahan yang bisa terjadi di masa awal-awal MP-ASI. 

Salah satu hal yang menjadi kekhawatiran Moms adalah mengenai pilihan makanannya, mana yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh si Kecil di awal masa MP-ASI-nya. Nah, salah satu yang masih terjadi silang pendapat adalah seafood, Moms. 

Seafood mengandung nutrisi yang tinggi Moms. Memiliki kandungan omega 3 dan beberapa mineral penting untuk tubuh. Akan tetapi, tidak semua seafood aman dan baik dikonsumsi sebagai MP-ASI si Kecil, Moms.  Berikut adalah beberapa jenis seafood yang wajib masuk daftar bahan MP-ASI si Kecil :

Baca juga :3 Fakta Tentang Seafood Untuk MPASI

1. Ikan laut 

Sebagai salah satu negara maritim dengan kepulauan terbesar di dunia. Indonesia kaya akan sumber daya yang berasal dari laut termasuk ikan. Ikan memiliki kandungan gizi tinggi dengan omega-3 yang baik untuk perkembangan otak si Kecil. Tetapi tidak semua ikan laut aman dikonsumsi, sebaiknya Moms menghindari ikan laut yang berasal dari perairan laut dalam karena ikan laut tersebut rentan tercemar merkuri.

2. Udang 

Jenis seafood yang satu ini juga cukup mudah ditemukan di indonesia. Rasanya yang gurih serta memiliki cita rasa sedikit manis akan membuat si Kecil ketagihan. Beberapa sumber menyebutkan bahwa udang memiliki zat alergen yang pada beberapa orang dapat menimbulkan alergi. sehingga diharapkan Moms sedikit berhati-hati dalam pemberian udang di dalam MP-ASI kecil.

3. Ikan teri 

Si Ikan teri ini ternyata memiliki manfaat besar di balik bentuknya yang kecil dan imut. Ikan teri mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Ikan teri segar bisa langsung ditambahkan pada MP-ASI si Kecil atau diolah menjadi kaldu penyedap alami untuk memberikan cita rasa gurih. 

Bagaimana Moms? Dari ketiga jenis seafood di atas, mana yang akan Moms pilih untuk MP-ASI si Kecil?