Memasuki usia 6 bulan, ASI maupun formula tak lagi cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi anak. Makanya pada usia ini bayi mulai dikenalkan dengan makanan padat, meskipun sumber utama nutrisinya tetap ASI atau formula. 

Masa-masa awal MPASI adalah periode di mana Moms mengenalkan berbagai variasi bahan pangan, termasuk di dalamnya protein hewani. Nah, apa saja pilihan sumber protein hewani untuk MPASI? Berikut beberapa opsi yang bisa Moms coba. 

Daging 

Daging merah adalah salah sumber zat gizi yang lengkap. Walaupun untuk awal MPASI mengunyah daging akan sulit bagi bayi, tetapi Moms bisa menggilingnya dengan halus agar lebih mudah dikunyah dan dicerna si Kecil. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 64 anak juga ditemukan bahwa anak-anak yang dietnya banyak mengandung daging menunjukkan peningkatan panjang dan berat badan yang lebih baik dibanding anak yang dietnya didominasi susu. 

Telur 

Salah satu sumber protein hewani untuk MPASI yang murah dan bergizi tinggi adalah telur. Di dalam sebutir telur terkandung 7 gr protein dan juga kaya riboflavin, B12, dan folate. Telur pun mengandung fosfor dan selenium dalam jumlah yang cukup tinggi. Di dalam telur juga terkandung kolin yang baik untuk perkembangan memori dan otak si Kecil. 

Yogurt 

Yogurt adalah makanan yang dihasilkan dari fermentasi susu sapi. Yogurt merupakan sumber protein hewani yang baik untuk bayi. Bahkan dalam sebuah studi yang melibatkan 402 anak ditemukan bahwa bayi-bayi yang mengonsumsi yogurt lebih jarang terkena diare dan infeksi pernapasan, serta pulih lebih cepat ketika mereka mengalaminya. Saat memilih yogurt untuk si Kecil, pastikan isinya hanya susu yang difermentasi ya, Moms. Hindari produk yang menambahkan aditif makanan seperti gula, pewarna, pemanis, dan perisa sintetik juga pengawet. 

Sumber protein hewani untuk MPASI lain yang bisa Moms pertimbangkan adalah ikan-ikanan, dan daging unggas. Sumber protein hewani merupakan sumber pangan bergizi lengkap yang lebih mudah diserap tubuh ketimbang makanan fortifikasi. Oleh sebab itu, sebaiknya anak-anak mengonsumsi cukup produk hewani untuk mendukung tumbuh dan kembang yang optimal. 

Baca Juga : Resep MPASI Pure Pisang dan Alpukat