Si Kecil berisiko terluka atau mengalami kecelakaan di dalam dan sektiar rumah, Moms. Terlebih, jika si Kecil sudah memasuki usia yang membuatnya bisa bergerak aktif,  ke sana ke mari. 

Kabar baiknya, Moms,  risiko cidera dapat dikurangi atau dicegah dengan menggunakan perangkat keselamatan anak. Sebagian besar alat pengaman ini mudah ditemukan dan relatif murah. 

Berikut adalah beberapa perangkat keselamatan  yang dapat membantu mengurangi kemungkinan menimbulkan cidera pada si Kecil.

Kait atau Kunci Pengaman (Safety baby Lock) 

Alat pengaman ini bisa berupa kait atau kunci. Gunakan untuk lemari dan laci di dapur, kamar mandi, dan area lain yang memiliki kemungkinan berbahaya bila terjamah oleh si Kecil, seperti risiko menimbulkan  keracunan dan cidera lainnya. 

Kait dan kunci pengaman pada lemari dan laci dapat membantu mencegah anak-anak mendapatkan akses ke obat-obatan, pembersih rumah tangga, korek api, atau pemantik rokok, serta pisau dan benda tajam lainnya, Moms. 

Pastikan kait dan kunci pengaman, dapat dipasang dan digunakan dengan mudah oleh orang dewasa, tetapi cukup kokoh untuk menahan tarikan dan hentakan dari si Kecil ya, Moms.

Pagar atau pintu pengaman

Pagar atau pintu pengaman ini bisa dipasang di area tangga untuk membantu mencegah si Kecil menaiki atau menuruni tangga yang berisiko jatuh. Dapat pula dipasang  untuk mencegah si Kecil memasuki ruangan dan area lain dengan kemungkinan bahaya, seperti area dapur atau kamar mandi. 

Carilah pagar pengaman yang tidak dapat dibuka dengan mudah oleh anak-anak, tetapi dapat dibuka dan ditutup oleh orang dewasa tanpa kesulitan, Moms. Bila berupa pagar, pastikan jerujinya tidak bisa dilewati kepala anak. Tinggi pagar dan pintu ini pun tidak memungkinkan di lewati si Kecil, tapi memungkinkannya untuk berpegangan. 

Kenop kunci atau alat pengaman gagang pintu

Fungsinya untuk membantu mencegah anak membuka pintu dan sembarangan memasuki ruangan dan area lain, sehingga si Kecil terhindar dari bahaya terkunci atau terjepit  pintu. 

Pastikan penutup kenop pintu kokoh, namun memungkinkan pintu dibuka dengan cepat oleh Moms atau orang dewasa lainnya,  jika terjadi keadaan darurat.

Penutup keran mandi (bath spout cover)

Biasanya terbuat dari silikon yang berfungsi melindungi kepala si Kecil dari kemungkinan benturan keras dengan keran di kamar mandi atau di bath ub. Dijual dengan bentuk yang lucu dan warna yang menarik. 

Gunakan Alarm Asap

Bukan hanya di perkantoran, jika memungkinan Moms juga memasang di rumah untuk berbagai area di rumah. Alarm asap adalah perangkat keselamatan penting untuk perlindungan terhadap kematian dan cidera akibat kebakaran. Periksa alarm asap sebulan sekali untuk memastikannya berfungsi. Ganti baterai setidaknya setahun sekali atau pertimbangkan untuk menggunakan baterai yang bertahan hingga 10 tahun untuk alarm ini.

Pelindung jendela dan jaring pengaman

Untuk membantu mencegah jatuh dari jendela atau balkon rumah. Periksa perangkat keselamatan ini sesering mungkin untuk memastikannya aman dan dipasang serta dirawat dengan benar. 

Pada jendela geser, pasang pengaman jendela ini, sehingga tidak bisa digeser anak. Batasi bukaan jendela hingga empat inci atau kurang, termasuk ruang di antara jeruji pelindung jendela. Jika Moms memiliki pelindung jendela, pastikan setidaknya satu jendela di setiap ruangan dapat dengan mudah digunakan untuk menyelamatkan diri dari kebakaran. 

Bumper sudut dan tepi 

Untuk membantu mencegah cidera si Kecil akibat terbentur pada tepi tajam furniture, seperti meja, lemari atau laci. Pastikan untuk mencari bumper yang berkualitas bagus.

Penutup stop kontak listrik

Alat ini sangat penting dipasang bila si Kecil sudah belajar mengeksplorasi rumah dengan gerak aktifnya. Penutup stop kontak dapat membantu melindungi anak dari bahaya tersetrum dan sengatan listrik. Pastikan pelindung stopkontak tidak mudah dilepas oleh  si Kecil. Bukan hanya oleh kekuatan si kecil yang masih bayi, tetapi juga hingga ia sudah cukup besar.  

Gunakan gorden tanpa tali penarik

Gorden dengan sistem tali penarik memang praktis untuk membuka dan menutup jendela. Namun, alat ini bisa membahayakan si Kecil. Ia bisa memainkan tali tersebut dan berisiko tercekik yang berpotensi mematikan. Jadi hindari gorden semacam ini.

Bracket untuk furnitur dan alat eletronik

Televisi, lemari buku, atau rak pajangan, antara lain beberapa perabot yang mungkin dapat terbalik saat si Kecil meraih dan menariknya. Ia pun bisa  tertimpa perabot ini. Karena  itu Moms, pasanglah bracket untuk menahan perabot ini agar kokoh berdiri lantai atau menempel erat ke dinding. 

Pagar penghalang kolam 

Pastikan memasang pagar pengaman yang sepenuhnya mengelililingi  kolam renang atau kolam ikan. Pilih tar 1,2 meter. Pintu kaca geser, bukanlah penghalang yang efektif untuk kolam renang.

Pilihlah berbagai perangkat pengaman itu  kokoh untuk menghalangi akses, namun  mudah digunakan. Agar efektif, pastikan juga harus dipasang dengan benar. Ikuti petunjuk pemasangan dengan hati-hati. 

Ingat juga, bahwa tidak ada perangkat yang sepenuhnya aman untuk si Kecil ya, Moms. Jadi, pastikan si Kecil selalu dalam pengawasan orang dewasa saat bermain dan beraktivitas. 

Baca Juga :Apakah Baby Walker Aman?