Hadirnya si Kecil tentu  juga membuat Dads bahagia. Kehadiran bayi baru ini akan memeriahkan keluarga. Tapi bayi yang baru lahir juga bisa membingungkan dirinya. Ia melihat Moms sangat kelelahan dalam mengasuh si Kecil. Ingin sekali membantu. Tapi dari mana mulainya? Apakah mampu melakukannya?

Nah, cobalah Moms tawarkan beberapa hal di bawah ini. Selain Dads bisa membantu Moms dalam mengasuh si Kecil, juga menjadi cara penting agar  terjalin ikatan kasih sayang kuat antara Dads dengan si Kecil sejak dini. 

Memberikan susu botol selayaknya menyusui

Saat Moms  menyusui si Kecil, tubuh mungilnya akan mendekat kepada Moms dan matanya pun menatap Moms. Nah, Moms bisa mengajarkan hal ini pada Dads saat memberikan susu botol pada si Kecil. Bantulah Dads menggendong bayi erat, lalu menempatkan si Kecil  dengan posisi yang nyaman untuk menyusui.   Ingatkan Dads untuk menatap dan mengajak  si Kecil tersenyum

Ikut ronda malam

Malam serasa panjang dengan si Kecil yang belum memiliki rutinitas tidur malam teratur. Berbagilah waktu dengan Dads dalam menangani si Kecil yang sering terbangun di malam hari ini agar  Moms masih memiiliki waktu istirahat yang cukup.  

Pastikan beberapa botol ASI sudah disiapkan di lemari es. Ajarkan Dads cara memanaskan susu ASI di botol ini. Siapkan pula beberapa popok, seandainya harus menggantu popoknya yang basah. Mungkin, ini melelahkan Dads juga. Tapi, cara ini akan memberikan  Dads bersama bayi waktu  yang berharga. 

Menghentikan tangisnya dengan manis

Saat si Kecil menangis, biarkan Dads sesekali yang menghampirinya.  Ajarkan Dads beberapa trik untuk menghentikan tangis bayi. Seperti, mengajak si Kecil bernyanyi, menggoyang goyang lembut boks-nya, menggendong dan mengajak jalan-jalan seputar kamar, atau memberikan   empeng. Dari situ, si Kecil akan belajar bahwa bukan hanya Moms, Dads juga bisa memberikan apa yang dia butuhkan.  

Mengajak bermain

Yakinkan Dads untuk tak perlu malu atau sungkan membuat wajah konyol, karena bisa membuat si Kecil tersenyum lebar. Seiring bertambahnya usia anak, kenalkan pula Dads beragam permainan menyenangkan bersama anak, seperti ciluk ba atau menyusun balok

Mengajak jalan-jalan

Dorong Dads mengajak si Kecil berjalan-jalan. Bayi menyukai udara segar. Berjalan-jalan juga bagus untuk kesehatan Dads.   Bawakan tas kecil yang berisi air putih atau susunya. Tak perlu jauh-jauh, cukup  berjalan-jalan di sekitar blok. Biarkan Dads memakai selempang atau gendongan bayi. Dengan gendongan ini, si Kecil  akan merasa dekat  dan merasa nyaman dengan ayahnya. Jangan lupa lengkapi topi untuk mereka berdua ya, Moms. 

Memijat si Kecil

Bayi merespons sentuhan. Memijat bayi adalah cara sederhana untuk menenangkan dan membuatnya relaks. Bersama Dads, pelajari teknik sederhana untuk memijat bayi. Jelaskan bahwa pijat bayi ini tidak seperti pijat dewasa. Jadi dia jangan mengeluarkan tenaga yang kuat. 

Cukup dengan memberikan sentuhan dan gosokan di kaki, perut, lengan dan lehernya dengan lembut. Dengan melakukan 10 sampai 15 menit, si Kecil akan merasa relaks dan bahagia atas sentuhan kasih sayang ayahnya. 

Buat waktu bermain spesial

Terutama bila Dads tergolong ayah yang sibuk. Mintalah dia memastikan untuk menyisihkan waktu untuk bermain bersama si Kecil.  Misalnya sebelum pergi bekerja sempatkan waktu bermain bersama si Kecil. Jadikan sebagai bagian dari rutinitas harian. Meski paling 15 menit, tapi setiap hari si Kecil akan mengharapkan kehadiran ayahnya

Mengganti popok

Banyak ayah menolak tugas ini, terutama bila si Kecil buang air besar (BAB). Yakinkan kepada Dads walaupun tugas ini sedikit membuat pencernaan bergolak karena mual, tapi mengganti popok merupakah cara menjalin ikatan dengan anak.  Meski tidak terucap, si Kecil akan angat berterima kasih bila rasa basah itu dihilangkan. Apalagi setelah itu Dads mengusapnya lembut dengan minyak telon. Senyumnya akan melebar.  

Ikut merawat anak 

Ketika si Kecil sakit, ajak Dads untuk berkonsultasi dengan dokter anak.  Bukan hanya di saat sakit, Moms bisa mengajak  Dads saat konsultasi  tentang tumbuh kembang, Ia perlu tahu vaksin, perawatan  anak serta peran yang harus dilakukan dirinya sebagai orang tua untuk membantu si Kecil berkembang dengan baik.

Menyiapkan anak untuk tidur 

Jika Dads tergolong sibuk atau memiliki waktu sempit di pagi hari, maka doronglah ia mendekati si Kecil menjelang tidur. Misalnya, dengan membasuh si Kecil dengan lap hangat dan memakaikna baju tidur. Lakukan secara rutin dan konsisten. Setelah itu, bisa membacakan buku cerita yang anak sukai. 

Baca Juga :Begini Cara Mendekatkan Hubungan Ayah dengan Anak