Gigi susu atau gigi bayi bukanlah gigi permanen, Moms. Gigi ini akan tanggal, baru kemudian tumbuh gigi permanen. Meski demikian, gigi susu si Kecil sangat penting diperhatikan lho, Moms. Jika gigi ini dirawat dengan baik, maka akan berpengaruh positif terhadap tumbuh kembang anak. 

Bahkan sebelum si Kecil lahir, tunas gigi susu sudah berkembang di bawah gusinya. Lantas, kapan gigi susu mulai muncul?

Di bawah ini akan diberikan pedoman waktunya. Tapi ini adalah pedoman umum. Ingat Moms,  perkembangan pada setiap bayi itu berbeda ya, termasuk untuk pertumbuhan giginya. 

Umumnya para bayi memunculkan gigi pertamanya paling cepat pada empat bulan, atau selambat-lambatnya 15 bulan. Beberapa bayi bahkan lahir dengan gigi! 

Berikut pertumbuhan gigi susu pada bayi: 

Usia 5 bulan (kisaran umum: usia 4 - 7 bulan)

Pertumbuhan gigi dimulai. Di saat ini gusi bayi kecil Moms mungkin terlihat bengkak dan merah di tempat gigi barunya tumbuh. Dia mungkin mengunyah sesuatu lebih dari biasanya dan, tergantung pada warna kulitnya, satu pipinya mungkin merah. 

Beberapa bayi merasa sakit saat tumbuh gigi ini, Moms, dan yang lainnya tidak. Tetapi bayi dengan gigi pertama mulai tumbuh ini umumnya menjadi lebih rewel. Dia pun mungkin lebih banyak meneteskan air liur. Nah, Moms bisa berikan banyak pelukan untuk menenangkan bayi kecil ini.

Walaupun baru terlihat, Moms sudah harus membiasakan bayi kecil ini menyikat giginya, setidaknya membersihkannya.

Usia 6 bulan (kisaran umum: usia 5 - 10 bulan)

Gigi pertama bayi umumnya tumbuh. Biasanya gigi pertama yang tumbuh adalah gigi tengah di bagian bawah. Ini disebut gigi seri tengah bawah. Kedua gigi ini muncul pada waktu yang hampir bersamaan.

Untuk mengalihkan rasa ketidaknyaman atau bisa jadi rasa sakit yang dirasakan si Kecil, Moms bisa memberinya theeting ring atau mainan gigitan bayi. Mainan ini bentuknya seperti lingkaran, sehingga mudah dipegang bayi kecil. Perhatikan keamanan bahannya. Pastikan terbuat dari bahan yang aman untuk digigit-gigit si kecil, 

Beberapa theeting ring ini juga bisa didinginkan di kulkas. Rasa dingin bisa meredakan rasa sakit si Kecil, Moms. 

Usia 7 bulan (Kisaran umum: 6 – 12 enam bulan)

Dua gigi tengah di bagian atas si Kecil akan keluar. Gigi ini disebut gigi seri tengah atas

Ada masalah tumbuh gigi? Setelah bayi berusia lebih dari enam bulan, Moms dapat memberinya makanan dingin langsung dari lemari es. Rasa dingin akan memberikan kenyamanan untuk si Kecil. Cobalah buah dan sayuran, seperti pisang yang didinginkan dan mentimun.

Usia 9 - 16 bulan (kisaran umum:  usia sembilan hingga 12 bulan)

Gigi atas bayi yang tepat di sebelah gigi tengah akan muncul. Gigi ini disebut gigi seri lateral atas. Setelah itu, gigi bawah tepat di sebelah gigi tengah pun berikutnya menampakkan diri. Gigi ini disebut gigi seri lateral bawah.

“Kok, tiba-tiba gigi anakku bisa muncul sekaligus dua?” Moms mungkin merasa heran. Iya Moms,  gigi itu biasanya muncul berpasangan, dengan dua di kanan dan dua di kiri. Dibutuhkan sekitar delapan hari untuk proses tumbuh gigi ini.  Gejala tumbuh  gigi biasanya berlangsung sekitar empat hari sebelum gigi muncul dan kemudian berlangsung selama sekitar empat hari sesudahnya.

Perlu diingat juga, bahwa jika bayi Moms lahir prematur atau memiliki berat badan lahir rendah, giginya kemungkinan besar akan tumbuh lebih lambat.

Namun, jika pada usia bayi sudah menginjak ulang tahunnya yang pertama, gigi ini tidak ada tanda-tanda untuk muncul, sebaiknya Moms memeriksakan kepada dokter gigi anak. 

Baca Juga :Contoh Jadwal Makan untuk Bayi hingga Usia Setahun