Pada usia 9 bulan, bayi Moms sudah semakin mahir menjelajahi rumah. Si Kecil pada usia sudah mampu  merangkak dengan baik. Sehingga jarak petualangannya menjelajah juga semakin jauh ya, Moms. Tidak terbatas di area karpet di tempat ia bermain. Si kecil pun sudah  dapat mengangkat dirinya untuk berdiri.

Memiliki bayi dengan usia 9 bulan membuat Moms dan Dads harus benar-benar memerhatikan  keamanan di rumah. Soal keamanan rumah  menjadi masalah penting seiring dengan tumbuhnya rasa ingin tahu (dan mobilitas) bayi kecil ini. 

Rumah yang aman untuknya bergerak juga membuat si Kecil percaya diri dalam mengasah kemampuannya. Jadi, pastikan Moms sudah menyingkirkan benda-benda berbahaya yang berisiko diraih, dipegang dan dibawa ke mulut oleh anak, seperti obat-obatan, benda tajam, cairan pembersih, colokan listrik, dan ujung perabotan yang runcing.

Baca Juga :Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan

Lantas, apalagi perkembangan si Kecil setelah memasuki usia 9 bulan? Coba simak di bawah ini. 

Perkembangan sosial dan emosional

Dengan beberapa cara Moms akan melihat si Kecil belajar terhubung dengan orang-orang di sekitarnya pada usia 9 bulan ini, seperti: 

Tips untuk orang tua

Biarkan bayi Moms yang memimpin saat bermain. Ikuti saja arah permainan yang ia sukai atau inginkan. 

Perkembangan bahasa dan komunikasi

Si Kecil bereaksi terhadap suara yang ia dengar, bahkan hanya berupa suara perlahan atau bisikan. Ia pun kini mulai  mengekspresikan kebutuhannya, seperti: 

Tips untuk orang tua

Perkembangan kognitif

Otak anak Moms sedang berkembang! Ini adalah masa menakjubkan otaknya berkembang. Untuk itu,ia sering melakukan ini: 

Tips untuk orang tua

Perkembangan fisik dan motorik

Kekuatan tubuhnya kini memungkinkan ia bertualang dengan bergerak ke sana kemari di rumah, seperti:

Tips untuk orang tua

Untuk merangsang kemampuannya berdiri, tempatkan si Kecil dekat dengan furniture, sehingga ia dapat mencoba untuk mengangkat dirinya sendiri.

Waspadai hal-hal berikut: 

Perlu Moms ingat, anak-anak itu memilki perkembangan yang berbeda. Jadi, jangan berkecil hati jika bayi Moms belum mampu melakukan semua indikator perkembangan diri. 

Tetapi, Moms perlu berkonsultasi pada dokter anak jika si Kecil Moms yang sudah masuk usia 9 bulan ini memiliki tanda-tanda berikut:  

Baca Juga : Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan