Warna pup bayi memberikan banyak informasi mengenai sistem pencernaan bayi, baik itu berwarna hijau, coklat, bahkan merah. Dari warna pupnya ini, Moms bisa tahu kondisi kesehatan bayi dan segera mendapatkan penanganan. Dari sekian warna pup bayi, yang paling mengkhawatirkan adalah hitam. 

Baca Juga: Pup Cair dan berulangkali, Belum Tentu Pertanda Sakit

Bahaya tidaknya pup hitam pada bayi bergantung pada usia bayi atau jenis susu yang dikonsumsinya.

Jika Moms menemukan pup berwarna hitam pada popok bayi yang berusia lebih dari 3 bulan dan tidak minum susu formula yang diperkaya zat besi, maka ini bukanlah hal yang normal. Pup hitam dan tebal bisa jadi ini menandakan adanya pendarahan pada saluran pencernaan, sehingga membutuhkan bantuan medis secepatnya.

Berikut adalah penyebab pup bayi berwarna hitam:

Masuknya darah ke dalam sistem pencernaan bayi

Jika darah masuk ke usus bayi dan melewati proses pencernaan, Moms mungkin akan menemukan bercak hitam pada pup bayi. Warna hitam ini disebabkan oleh darah yang “dicerna” tubuhnya. Masuknya darah bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti naiknya varises esofagus, yaitu pendarahan di kerongkongan dan darahnya masuk saluran pencernaan, dan gastritis atau maag. 

Selain itu, darah ini bisa berasal dari kondisi yang tidak terlalu serius, misalnya hidung berdarah dan tidak sengaja menelan darah puting Moms yang pecah-pecah saat bayi menyusu. Jika hal ini terjadi, segera konsultasikan dengan dokter agar penanganannya tepat ya, Moms.

Makanan tertentu

Ada jenis makanan tertentu yang dapat mengubah warna pup bayi menjadi hitam, Moms, seperti plum, beri, dan pisang. Hal ini bisa terjadi pada bayi karena sistem pencernaannya yang masih berkembang. Makanan lain yang bisa menyebabkan pup bayi berwarna hitam, misalnya permen berwarna hitam, biskuit Oreo, dan akar manis (liquorice).

Baca Juga: Usia Aman Mengenalkan Telur pada Bayi

Mengonsumsi makanan baru

Ketika Moms mengenalkan makanan baru kepada si Kecil, bisa berdampak pada perubahan warna pup bayi menjadi hitam. Hal ini menandakan sistem pencernaan bayi sedang membiasakan diri dengan makanan tersebut. Walau begitu, ada baiknya Moms konsultasikan dengan dokter dan ahlinya jika pup bayi tetap berwarna hitam, bahkan setelah beberapa hari.

Sembelit

Bayi yang mengalami sembelit ditandai dengan pup yang berbentuk kerikil dan lebih padat/keras, serta berwarna hitam, lebih dari biasanya. Bahkan, terkadang Moms akan menemukan bercak atau titik darah pada pup yang berasal dari luka pada anus saat bayi buang air besar, hal yang sering terjadi saat pup sangat keras. Sembelit pada bayi juga terlihat dari perubahan pola makan bayi, bisa juga karena bayi tidak toleran terhadap susu formula. Jika hal ini terjadi, segera konsultasikan solusinya dengan dokter ya, Moms.

Baca Juga: Penyebab dan Mengatasi Sembelit pada Bayi

Kelebihan zat besi

Pup bayi berwarna hitam bisa juga disebabkan oleh kelebihan zat besi. Coba cek apakah Moms memberikan multivitamin, susu formula, atau suplemen yang kaya zat besi kepada bayi. Kelebihan zat besi dalam tubuh tidaklah baik, segera periksakan si Kecil ke dokter untuk menyeimbangkan kadar zat besi dalam tubuhnya.