Apakah Moms sering mendapati lidah bayi berwarna putih? Hal ini disebabkan oleh penumpukan residu ASI yang sulit dibersihkan mulut bayi secara alami. 

Kebersihan mulut tak hanya penting untuk anak yang sudah besar, tetapi juga pada bayi, Moms. Walau bayi belum mulai makan makanan padat atau belum memiliki gigi, tetap penting untuk membersihkan lidah bayi. Semakin awal Moms mulai memerhatikan kebersihan mulut dan lidah bayi, semakin baik.

Baca Juga: Manfaat Pijat Pada Bayi, Bisa Redakan Nyeri Tumbuh Gigi

Sama halnya dengan mulut Moms, bakteri juga terdapat dalam mulut bayi. Namun mulut bayi memiliki lebih sedikit air liur sehingga sulit membersihkan residu ASI yang menumpuk di lidah. Membersihkan lidah bayi dapat menjadi solusi untuk menghilangkan residu ini.

Moms bisa menggunakan kain bersih yang telah dibasahi untuk membersihkan lidah bayi, sekaligus mengenalkan bayi pada kebiasaan membersihkan mulut, sehingga ia tidak terlalu kaget dengan sikat gigi nantinya. 

Cara membersihkan lidah bayi

Membersihkan lidah dan gusi bayi adalah proses yang sederhana, Moms tidak membutuhkan banyak peralatan, hanya kain yang dibasuh air hangat atau kain kasa.

Pertama cuci tangan Moms dengan sabun dan air hingga bersih. Kemudian baringkan bayi di pangkuan Moms dan topang kepalanya. 

Kedua, celupkan jari yang dilapisi kain lembut atau kain kasa ke dalam air hangat. Buka mulut bayi dengan perlahan, lalu usap lembut lidahnya dengan gerakan memutar menggunakan kain tadi. 

Ketiga, gosok lembut juga kain pada gusi dan bagian dalam pipinya. Lakukan ini setidaknya 2 kali sehari. 

Namun pada kasus lain, lapisan putih pada lidah bayi yang tak juga hilang walau sudah dibersihkan bisa jadi disebabkan oleh infeksi jamur Candida albicans. Jamur ini berkembang di mulut dan meninggalkan bintik-bintik putih di lidah, gusi, bagian dalam pipi, dan langit-langit mulut. Ini bisa terjadi pada bayi karena sistem kekebalannya yang belum sempurna.

Baca Juga: Si Kecil Suka Menggigit, Kenapa Ya?

Bayi yang mengalami infeksi jamur ini membutuhkan obat antijamur untuk mengobatinya. Jika ini terjadi pada si Kecil, segera konsultasikan dengan dokter ya, Moms.

Saat usia bayi 6 bulan atau ketika gigi pertamanya sudah tumbuh, Moms bisa mengajarkannya menyikat gigi secara rutin. Pilih jenis sikat gigi bayi yang lembut, begitu pula pasta giginya. Selain membersihkan gigi, Moms bisa menggunakan sikat ini untuk membersihkan lidah si Kecil dengan menyikatnya lembut, atau Moms bisa tetap menggunakan kain hingga si Kecil cukup besar untuk menggunakan sikat gigi.

Baca Juga: Gigi Bayi Mulai Tumbuh? Perhatikan Hal Berikut

Gunakan juga pasta gigi dengan jumlah sedikit, kurang lebih sebesar satu butir beras, untuk menghindari kemungkinan anak menelannya jika lebih besar. Baru ketika ia berusia minimal 3 tahun, gunakan pasta gigi seukuran kacang polong.

Sebaiknya, selain menyikat dan membersihkan lidah, jadwalkan juga pemeriksaan rutin dengan dokter gigi. Dianjurkan untuk mengunjungi dokter gigi setidaknya 6 bulan setelah gigi pertamanya tumbuh, atau pada usia 1 tahun. Dokter gigi akan memeriksa kesehatan gigi, rahang, dan gusi anak secara keseluruhan.