Saat buah hati anda sakit, berdoa memohon kesembuhan pada Tuhan pasti akan dilakukan para orang tua. Bahkan semua agama mengajarkan untuk berdoa kepada Tuhan untuk memohon kesembuhan dari-Nya. Khususnya di Agama Islam, menurut hadist shahih terdapat doa penurun panas demam anak yang dapat diamalkan untuk memohon kesembuhan untuk buah hati tercinta.

Doa Dan Amalan Saat Anak Sakit

Berdoa untuk anak agar diberikan kesembuhan dapat dilakukan kapan saja, apalagi di waktu – waktu yang dianggab mustajab untuk memanjatkan doa, umumnya sering dilakukan oleh umat muslim. Dan waktu yang sering dianjurkan adalah berdoa setelah selesai sholat wajib maupun sunnah. Doa penurun panas demam anak terdiri atas rangkaian bacaan doa yang cukup panjang. Berikut ini adalah bacaan doa untuk anak sakit panas berdasarkan sunnah dan hadist shahih.

“Bismillahil kabiir, na’udzu billahil 'adlimm min fyarri ‘irqin na’aarr, wa min fyarri harrin naar.”
Artinya, “Dengan menyebut nama Alloh Yang Maha Agung, kami memohon kepada Alloh Yang Maha Agung dari kejahatan keringat yang bercucuran serta dari kejahatan panasnya api neraka.” (HR. Ibn As- Sunni).

Setelah membaca bacaan doa penurun panas demam anak di atas, anda dapat melanjutkannya dengan membaca surat – surat pendek, seperti Al Fatihah, Al Ikhlas, Al Falaq, dan An-Nas masing – masing di baca sekali sambil menengadahkan tangan dan memohon kesembuhan. Kemudian tiup kedua tangan dan usapkan ke seluruh tubuh anak anda.

Kemudian anda bisa teruskan dengan membacakan Sholawat Thibbiyyah, yang bunyinya: “Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa muhammadin thibil quluubi wa dawaaihaa, wa ‘aafiyatil abdaani wa syifaaihaa, wa nuuril abshoori wa dhiyaaihaa, wa ‘alaa aalihi wa shohbihi wa sallim fi kulli lamhatin wa nafasi ‘adadi maa wasi’ahu ‘ilmullooh.”

Artinya: “Ya Alloh, semoga engkau tetap memberikan shalawat set salam pada Nabi Muhammad SAW, yang merupakan seorang penyejuk hati sekaligus obatnya, penyembuh bagi anggota badan sekaligus adalah obatnya, cahaya mata hati sekaligus adalah yang menyinari, juga kepada keluarga serta kepada sahabat-Nya, dalam setiap saat dan setiap nafas, dengan sebanyak mungkin ilmu Alloh.”

Setelah membaca Sholawat Thibbiyyah, anda lanjutkan dengan kembali membaca basmallah sebanyak 3 kali dan ta’awudz: “Bismillahirrohmanirrohim (3x), a’udzu bi’izzatillaahi wa qudrotihii min syarri maa ajidu wa uhaadziru.”

Artinya: “Dengan menyebut Nama Alloh Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang (3x), aku berlindung dengan kegagahan dan kekuasaannya dari segala kejahatan yang saya dapati dan saya takuti.” (H.R. Muslim).

Dan, di tutup dengan membaca Doa Syifa atau doa penyembuh menurut hadist Bukhari, yang berbunyi sebagai berikut: “Allohumma robbannaasi mudzhibal ba’si, isyfi antas syaafii, laa syaafiya illaa anta, syifaa’an laa yughoodiru saqamaa.”

Artinya: “Ya Allah, Tuhan pemelihara manusia, Tuhan penghilang segala penyakit, sembuhkanlah karena Engkau Maha Penyembuh, tidak ada yang dapat menyembuhkan selain Engkau, (sembuhkanlah Ya Alloh) dengan kesembuhan yang tidak meninggalkan rasa sakit.” (HR. Bukhari).

Baca Juga :Bacaan Doa Agar si Kecil Lancar dan Cepat Berbicara