Hai Moms, menjadi seorang perempuan tentu merupakan hal yang sangat istimewa karena ada banyak hal yang dimilikinya daripada laki-laki, nah salah satunya adalah perempuan dapat menstruasi. terjadinya menstruasi adalah proses ketika dinding rahim mengalami peluruhan karena tidak ada terjadinya ovulasi. Hal ini pun juga menandakan bahwa pada 1 periode ovulasi berarti Moms tidak sedang berada dalam kondisi hamil.

Saat menstruasi juga Moms tidak diperbolehkan melakukan ibadah seperti sholat dan puasa , jika melakukannya tentu justru akan berdosa dan tidak diterima Allah SWT. Nah, agar Moms dapat kembali  lagi melakukan ibadah disaat menstruasi sudah selesai Moms harus membersihkan diri dengan syarat Mandi Wajib terlebih dahulu.

Mandi besar atau mandi wajib setelah terkena hadas besar hukumnya adalah wajib. Karena jika seorang muslim tidak melakukan mandi besar, maka dapat menghalangi dirinya melakukan beberapa ibadah seperti salat, membaca Al-Qur'an, hingga thowaf. Yuk simak, berikut niat dan tata cara mandi junub :

Niat Mandi Junub 

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى 

Latin: "Nawaitul ghusla lirof’il hadatsil akbari fardhon lillaahi ta’aalaa"

Artinya: Aku berniat mandi untuk menghilangkan hadas besar, fardu karena Allah Taala.

Tata Cara Mandi Junub 

Aisyah r.a. menyebut, ia melihat Rasulullah SAW mandi junub dengan tata cara sebagai berikut:

  1. Membasuh kedua tangan
  2. Berwudhu sebagaimana wudhu sebelum sholat
  3. Menyela-nyela rambutnya dengan sedikit air
  4. Mengambil air kemudian menyiramkannya ke kepala secara keseluruhan
  5. Menyiram badan secara keseluruhan

Sementara itu, dari Abdullah bin Abbas dalam kitab Shahih Bukhari no 265 berdasarkan riwayat Maimunah binti Al Harits, salah satu istri rasul mengatakan, ketika Rasulullah tinggal di rumahnya, ia melihat tata cara mandi jubunya Rasul sebagaimana berikut:

  1. Mengambil air dengan tangannya, kemudian mencuci kemaluannya dengan tangan kirinya. Lalu menepukkan ke tanah/tembok.Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun untuk menghilangkan kotoran itu.
  2. Menyela-nyela bagian rambutnya, kemudian mengguyur bagian kepala. 
  3. Berwudhu seperti layaknya hendak sholat.
  4. Menyiramkan air ke seluruh tubuh.
  5. Mencuci kaki

Setelah mandi junub, tidak usah berwudhu kembali karena dengan mandi junub ini sudah mensucikan diri sehingga sah untuk melaksanakan ibadah selanjutnya.

Itulah penjelasan tentang bagaimana tata cara mandi junub yang benar dan sesuai dengan syariat.

Baca Juga :Yuk Simak! Bacaan Doa Mandi Junub yang Benar