Hai Moms, sudahkan membaca doa mandi junub yang benar ?

Mandi junub merupakan proses membersihkan tubuh yang wajib dilakukan oleh setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan apabila terkena hadas besar. Perintah mandi wajib/ junub ini tentu ada di dalam Al-quran surah Almaidah ayat keenam , yang mana di dalamnya menjelaskan perintah bahwa kamu junub maka mandilah. Mandi wajib dilakukan oleh seorang wanita yang mengalami masa haid atau laki laki yang mengalami mimpi basah dan bersyahwat.

Lalu bagaimana bacaan doa mandi junub untuk laki-laki dan perempuan , yuk simak 

Allah berfirman dalam QS. An-Nisa: 43 yang menyuruh Muslim untuk mandi wajib jika dalam keadaan junub

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تَقْرَبُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَأَنتُمْ سُكَٰرَىٰ حَتَّىٰ تَعْلَمُوا۟ مَا تَقُولُونَ وَلَا جُنُبًا إِلَّا عَابِرِى سَبِيلٍ حَتَّىٰ تَغْتَسِلُوا۟ ۚ وَإِن كُنتُم مَّرْضَىٰٓ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَآءَ أَحَدٌ مِّنكُم مِّنَ ٱلْغَآئِطِ أَوْ لَٰمَسْتُمُ ٱلنِّسَآءَ فَلَمْ تَجِدُوا۟ مَآءً فَتَيَمَّمُوا۟ صَعِيدًا طَيِّبًا فَٱمْسَحُوا۟ بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَفُوًّا غَفُورًا

Artinya : "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekadar berlalu saja, hingga kamu mandi."

"Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun."

Adapun niat mandi wajib untuk laki-laki yang baru selesai bersyahwat adalah:

Nawaitul ghusla liraf'il hadatsil akbari fardhal lillaahi ta'aala

Artinya: aku berniat mandi menghilangkan hadas besar wajib karena Allah Ta’ala.

Sementara itu, niat mandi wajib untuk perempuan  setelah selesai haid adalah:

Nawaitul ghusla liraf'i hadatsil haidil lillahi ta'aala.

Artinya: aku niat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari haid karena Allah Ta’ala.

jadi Moms, Seperti itulah bacaan niat mandi wajib untuk laki-laki dan perempuan yang benar.

Baca Juga :4 Doa Agar Cepat Mendapat Keturunan