Cara mandi saat pandemi berbeda dengan kondisi normal. Pandemi Covid-19 yang trennya di Indonesia belum juga menurun-malah kian meningkat, membuat kita harus konsisten mengikuti protokol kesehatan, termasuk soal mandi. 

Rutin mandi setiap hari

Spesialis kesehatan masyarakat menganjurkan masyarakat untuk tetap rutin mandi setiap hari, terutama setelah pulang dari bepergian sebagai salah satu langkah pencegahan. 

Berbeda dengan hari-hari biasa, saat pandemi, kita dianjurkan untuk mandi tiap pulang dari bepergian ke luar. Tujuannya untuk membersihkan kemungkinan adanya virus yang menempel pada tubuh dan pakaian melalui aerosol.  Terutama sebelum melakukan kontak dengan anggota keluarga, termasuk si Kecil. 

Jadi Moms, begitu sampai di rumah, segera lucuti barang-barang yang menempel dan letakkan di tempat terpisah. Setelah itu, segera mandi dan membersihkan diri.  Hindari duduk atau menyentuh perabotan terlebih dahulu ya, Moms. 

Tidak hanya frekuensi mandi yang menjadi lebih sering dari biasanya, cara mandi yang tepat juga perlu diterapkan agar tubuh bersih dari virus-virus yang tertinggal di tubuh, dan tidak menimbulkan iritasi. 

Bagaimana cara mandi yang benar? Bersihkan seluruh tubuh, dari kepala hingga ujung kaki. Selain itu, gunakan air bersih dan pastikan temperaturnya tidak lebih dari 37 – 38 derajat Celsius ya, Moms. Pastikan juga sabun yang digunakan mengandung pH seimbang agar tidak menyebabkan iritasi pada kulit.

Menurut Dr. Faruk Yorulmaz, Kepala Departemen Kesehatan Masyarakat di Trakya University Medical Hospital, dalam upaya mencegah penyebaran virus, kebersihan diri sangatlah penting, seperti menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, juga membersihkan tangan, kuku, kaki, dan rambut yang sama esensialnya dalam mencegah penyakit.

Sanitasi dan hidup sehat

Imbauan untuk meminimalisasi kegiatan di luar dan tetap berada di dalam rumah juga membuat Moms perlu memerhatikan sanitasi rumah agar tidak menjadi potensi munculnya penyakit lain. Setidaknya, lingkungan yang bersih dan rapi akan menjadi motivasi bagi Moms dan keluarga untuk tetap menerapkan hidup sehat.

Yorulmaz juga merekomendasikan untuk tetap menjaga jarak sebisa mungkin walau di rumah, terutama terhadap salah satu anggota keluarga yang masih aktif beraktivitas di luar. 

Kualitas udara di dalam ruangan juga memegang peran penting, sebab microdroplet virus penyebab Covid-19 dapat bertransmisi di dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang rendah. Tidak adanya sirkulasi atau pergantian udara yang baik, membuat partikel terus berada di dalam ruangan. Maka, penting untuk memastikan udara di rumah terus bersirkulasi ya, Moms.

Baca Juga : Menjaga Sirkulasi Udara Cegah Virus dalam Microdroplet

Pada akhirnya, kebersihan diri dan lingkungan mesti jalan bersama-sama, Moms. Termasuk menerapkan cara mandi dan membersihkan diri yang tepat sebelum terlambat.