Imunitas atau sistem kekebalan tubuh merupakan kemampuan penting tubuh dalam melawan berbagai penyakit, terutama di masa pandemi ini.  Sehingga,  perlu diperhatikan kondisi tubuh apakah menunjukkan tanda-tanda imun mulai melemah. 

Penyebab imun melemah

Jika Moms sering sakit, merasa lelah, atau mengalami gejala lain yang tidak dapat dijelaskan, itu mungkin berarti sistem imun Moms sedang lemah. Melemahnya sistem imun dapat disebabkan beberapa hal.

Menurut Erin Palinski-Wade, RD, CDE, konsultan di perusahaan Swisse Wellness, sistem imun tubuh manusia bisa menjadi lemah jika mengonsumsi makanan yang gizinya kurang seimbang, kurang tidur, dan stres yang tinggi. 

Hal-hal tersebut membuat tubuh Moms lelah, sehingga sulit melawan penyakit. Dr. Tania Elliott, ahli alergi/imunologi di NYU Langone Health, menambahkan, kondisi stres yang Moms alami memicu produksi hormon kortisol yang dapat menekan sistem imun tubuh.

Tentu saja selain faktor di atas, sistem imun yang melemah juga dapat disebabkan penyakit yang mendasarinya.  Seperti penyakit sistem kekebalan itu sendiri (defisiensi imun atau autoimunitas), atau penyakit parah lain seperti diabetes, penyakit jantung, dan penyakit ginjal. semuanya dapat melemahkan sistem kekebalan.

Maka, penting untuk selalu menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh Moms melalui beberapa perubahan gaya hidup.  Misalnya tidur yang cukup dan teratur, mengelola stres dengan bijak, dan memastikan tubuh mendapat asupan makanan yang bergizi seimbang.

Baca Juga : Hilangkan Stres dengan Bersih-bersih

Tanda sistem imun menurun

Banyak orang yang tidak menyadari menurunnya sistem imun. Agar bisa segera memperbaiki pola hidup, kenali tanda tubuh Moms yang mengalami penurunan sistem imun: 

Mengalami masalah pencernaan

Apakah Moms sering mengalami masalah kembung, gas di dalam perut, atau sembelit? Hal tersebut merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres di usus. Sekitar 70 persen jaringan sistem imun terletak pada saluran pencernaan, sehingga terganggunya pencernaan bisa menjadi tanda bahwa sistem imun Moms juga bermasalah. Penelitian menemukan banyaknya hubungan antara kekebalan dan flora usus

Sering terserang flu

Orang dewasa normalnya mengalami flu dan pilek 2 – 3 kali tiap tahunnya, biasanya flu ini akan sembuh dalam waktu 7 – 10 hari. Selama waktu ini, sistem imun membutuhkan waktu 3 – 4 hari untuk mengembangkan antibodi dan melawan virus. Tetapi jika Moms terserang flu lebih sering dari frekuensi orang normal, itu merupakan tanda bahwa sistem imun Moms kesulitan melawan penyakit.

Selalu merasa lelah

Ada banyak alasan mengapa Moms selalu merasa lelah, salah satunya sistem imun yang melemah. Terutama kelelahan yang dibarengi dengan gejala lain, seperti nyeri sendi, sakit perut, dan penurunan nafsu makan. Menurut Dr. Elliott, merasa lelah adalah gejala yang bisa jadi menunjukkan bahwa sistem imun Moms melawan organ sendiri di dalam tubuh, yang dikenal sebagai kondisi autoimun.

Mengalami stres

Bukan kebetulan jika Moms jatuh sakit setelah mengerjakan sesuatu yang berat di tempat kerja atau saat mengalami situasi emosional. Menurut laporan American Psychological Association, stres jangka panjang dapat melemahkan respons sistem imun tubuh, sebab stres menurunkan limfosit atau sel darah putih yang membantu melawan infeksi. Semakin rendah tingkat limfosit, semakin berisiko Moms terkena virus, seperti flu biasa.

Baca Juga : Hindari Stres, Tekuni Hobi Baru Selama Pandemi

Penyembuhan luka memakan waktu lama

Jika Moms menyadari penyembuhan luka pada kulit yang membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya, bisa jadi sistem imun Moms sedang melemah. Sistem imun yang baik membantu kulit untuk menyembuhkan dan melawan bakteri atau kuman berbahaya sekaligus mengurangi risiko infeksi.