Hujan adalah suatu rahmat dari Allah SWT yang diturunkan ke bumi. Setelah berbulan-bulan melewati kemarau panjang, turunnya hujan tentu menjadi nikmat dan berkah bagi semua makhluk hidup di muka bumi.

Ketika musim hujan tiba, tentu anak-anak menghabiskan waktu dengan bermain bersama teman mereka di luar rumah. Namun mengingat kondisi pandemi yang belum usai, pastikan anak-anak tetap berada di dalam rumah saat hujan turun ya, Moms.

Alih-alih anak bermain hujan di luar rumah, Moms dapat mengajak anak cara bersyukur atas hujan yang telah Allah SWT  berikan. Sebagai rasa syukur tersebut, Moms dapat mengajarkan anak-anak doa ketika hujan berikut ini :

Baca Juga :Panjatkan Doa Ini Ketika Mendengar Petir dan Turun Hujan

1. Bacaan Doa Ketika Hujan Mulai Turun

Doa turun hujan berikut ini sangat mudah untuk dihafal anak ketika hujan mulai turun. Dengan membacakan doa ini, diharapkan anak senantiasa bersyukur akan rahmat Allah berupa turunnya hujan.            

Allahumma shoyyiban nafi’an

Artinya: "Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat". (HR. Bukhari no. 1032). 

2. Doa Saat Hujan Lebat

Saat hujan lebat, kamu pasti seringkali risau bukan? Tenang, baca doa di bawah ini agar hujan lebat tidak akan membawa musibah di sekitar kita, yuk! 

“Allahumma hawalaina wala ‘alaina, Allahumma ‘alal akami wa adhirabi, wa buthunil auwdiyati, wamanabitisyajari." 

Artinya: "Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan." (HR Bukhari Muslim) 

3. Doa ketika Hujan Disertai Petir

Seperti diriwayatkan dalam hadis Imam Malik, ketika turun hujan disertai petir, Nabi Muhammad SAW kemudian membaca doa ketika hujan yang disertai petir, yakni: 

“Subhanallazi yusabbihur ra’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.”

Artinya: “Masa Suci Allah yang dengan memuji-Nya, bertasbihlah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya,” (HR Malik).

4. Doa ketika Hujan Selesai

Pada dasarnya, diturunkannya hujan adalah bentuk karunia serta berkah dari Allah SWT kepada bumi dan seisinya. Oleh karena itu, manusia patut untuk mensyukuri turunnya hujan dengan mengamalkan beberapa doa misalnya doa ketika turun hujan maupun sesudah turun hujan. Doa setelah hujan yakni: 

“Muthirnaa bifadillahi wa rahmatihi.” 

Yang artinya: “Diturunkan kepada kami hujan berkat anugerah Allah SWT dan rahmat-Nya,”.

Dari Zaid bin Kholid Al Juhani, Nabi SAW melakukan shalat shubuh bersama kami di Hudaibiyah setelah hujan turun pada malam harinya. Tatkala hendak pergi, beliau menghadap jama’ah shalat, lalu mengatakan, ”Apakah kalian mengetahui apa yang dikatakan Rabb kalian?” Kemudian mereka mengatakan,”Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui.”