Nama merupakan salah satu pengantar doa bagi bayi yang baru lahir, jadi akankah lebih baik jika Anda memberi nama yang baik bagi bayi Anda. bagi umat muslim, bayi merupakan titipan yang harus dijaga dengan baik, termasuk juga memberi nama bayi laki-laki yang disukai Rasulullah, bagaimanakan nama yang disukai Rasulullah tersebut? simak ulasannya berikut ini.

Anjuran Memberi Nama yang Baik

nama bagi seseorang adalah sebuah doa seperti pada ayat berikut ini “Isyhaduu bianna muslimuun” (QS. Ali Imron 64) yang artinyatampilkan bahwa diri kita adalah seorang musli. Oleh karena itu mencari nama bayi laki-laki yang disukai Rasulullah adalah hal yang sangat penting. Carilah nama yang jika sang empu dipanggil akan menjadi doa untuknya.

Oleh karena itu Rasulullah menyukai nama anak lakiplaki yang seperti penghambaabn seperti Abdul malik, Abdullah, dan sejenisnya, beracuan pada hadits “ sesungguhnya mereka memberikan nama (pada anak-anak mereka dengan nama para nabi dan orang shalih “ (HR. Muslim). Hal ini lah yang membuat nama adlah tanggung jawab orang tua bagi anak dan nanti di akhirat akan dipertanyakan.

Anjuran Tidak Memakai Nama yang Dilarang Dalam Islam

Memiliki pemahaman akan arti nama-nama bayi akan lebih baik supaya tidak sampai salah penamaan pada bayi laki-laki Anda. ada beberapa nama yang tidak boleh dalam islam mengacu pada artinya, contoh saja Malik al Mulk yang berarti raja diraja, atau Balqis untuk anak perempuan juga tidak boleh karena memiliki arti ratu jin, dan msih banyak lagi. jadi Anda harus benar-benar merinci dan mengetahui arti dari nama-nama tersebut sebelum digunakan untuk menamai bayi Anda.

Saran Nama Bayi Laki-laki yang Disukai

Berikut beberapa saran nama bayi laki-laki yan disukai Rasulullah berdasarkan arti namanya. Pertama ada Muhammad Abhidzar Albirru, Muhammad merupakan nama Rasulullah kemudian Abhidzar berarti menyebarkan, dan Alibirru berarti kebaikan, ketika digabungkan mengandung doa kelak anaknya dapat menyebar kebaikan sebagaimana Rasulullah.

Selanjutnya ada contoh Al Barra’ Falah Hamizan, Al barra berarti bersih, falah berarti sukses atau beruntung, jadi nabma bayi laki-laki tersebut jika digabung memiliki arti harapan agar bayi laki-laki tersebut memiliki kehidupan yang sukses dan berakhlak baik. 

Selanjutnya ada nama Ahmad Alzam Amani, nama awal diambil dari nama Rasulullah, kemudian Alzam memiliki arti kata tekun, kemudian Amani memiliki arti cita-cita. Jadi jika digabung akan menjadi doa bahwa bayi tersebut nantinya akan menjadi anak yang sholeh, rajin, berbudi luhur seperti Nabi Muhammad SAW.

Itulah beberapa saran dan inspirasi nama bayi laki-laki yang disukai Rasulullah. Tips-nya adalah Anda harus mengetahui artinya terlebih dahulu, cari nama yang mengandung doa baik bagi anak, karena memang nama yang disukai Rasulullah adalah yang memiliki doa baik bagi anak tersebut.

Baca Juga :Inspirasi Nama Bayi dari Merek Fesyen dan Kecantikan Ternama