Telur biasanya selalu ada di dapur rumah tiap keluarga. Selain karena mudah dan bisa diolah menjadi menu makanan apa saja, telur juga mengandung banyak nutrisi bagi keluarga, termasuk untuk si Kecil. 

Jika selama ini Moms menyetok telur ayam negeri, kenapa tidak sesekali menggantinya dengan telur ayam kampung, Moms? Mungkin Moms akan lebih yakin setelah menyimak tentang manfaat telur ayam kampung di bawah ini.

Kandungan nutrisi  lebih tinggi

Seperti yang diketahui, telur ayam kampung berwarna putih, memiliki berat dan ukuran yang lebih kecil dibanding telur ayam negeri, sekitar 26,27 gram sampai 55,4 gram tiap butirnya. Telur ini dihasilkan oleh ayam jenis ayam kampung, yaitu ayam yang hidup dan makan makanan alami, misalnya dedak, jagung, serangga, biji-bijian, nasi, dan lainnya.

Ayam kampung juga tidak melalui proses pemberian bahan kimia apa pun. Cara hidup alaminya inilah yang membuat pertumbuhan ayam kampung lebih lama dibanding ayam negeri. 

Maka, ayam kampung dipercaya menghasilkan telur yang lebih baik untuk dikonsumsi. Penelitian North Carolina State University juga menemukan bahwa telur ayam kampung memiliki kandungan lemak tidak jenuh yang lebih tinggi dibanding telur ayam negeri. 

Kandungan omega 3 pada telur ayam kampung sebanyak 0,17 persen, sedikit lebih tinggi dari telur ayam negeri, yaitu 0,14 persen. Selain lemak tidak jenuh dan omega 3-nya, nutrisi lain yang dikandung telur ayam kampung dan negeri kurang lebih sama, yaitu kolesterol dan vitamin A dan vitamin E-nya.

Studi lain menemukan bahwa kadar beta-karoten juga lebih tinggi pada telur ayam kampung, Moms. Beta-karoten bertindak sebagai antioksidan yang kuat di dalam tubuh, dan dapat diubah menjadi vitamin A. Vitamin ini merupakan nutrisi penting yang dapat larut dalam lemak dan penting untuk kesehatan, termasuk mendukung sistem kekebalan.

Baca Juga : Tingkatkan Imun Agar Tubuh Tetap Strong Hadapi Virus

Kaya manfaat 

Memberikan Si Kecil telur ayam kampung juga lebih dianjurkan, Moms. Sifat dan kondisi telur ayam kampung yang lebih alami membuatnya lebih direkomendasikan untuk anak karena tidak mengandung zat aditif atau zat tambahan pada makanan yang membuatnya jadi lebih enak, lebih harum atau lebih tahan lama.

Telur ayam kampung juga memberikan banyak manfaat bagi Moms, yaitu:

 

  • Menurunkan risiko penyakit jantung

 

Kandungan asam lemak omega-3 yang lebih banyak pada telur ayam kampung dapat mengatur trigliserida dan menurunkan kadar kolesterol jahat yang dapat memicu penyakit jantung, Moms.

 

  • Kaya akan vitamin D

 

Studi tahun 2009 menemukan bahwa telur ayam kampung mengandung vitamin D tiga hingga enam kali lebih banyak daripada telur ayam negeri. Vitamin D dapat membantu tubuh mempertahankan tulang dan gigi yang kuat, mendukung fungsi kekebalan, mengatur kadar insulin, dan banyak lagi. Telur adalah salah satu dari sedikit makanan yang kaya vitamin D secara alami, Moms.

 

  • Kolesterol lebih rendah

 

Telur ayam kampung mengandung kolesterol hingga sepertiga lebih sedikit dibanding telur ayam negeri.

Dalam mengolah telur ayam kampung, dianjurkan untuk memasaknya hingga matang ya, Moms. Menurut Centers of Disease Control and Prevention, telur ayam kampung berisiko terinfeksi bakteri Salmonella. Keracunan bakteri Salmonella dapat menyebabkan gejala, seperti kram perut, diare, mual, demam, dan pusing.