Sebagian orang mungkin lebih familiar dengan kacang merah sebagai tambahan dalam dessert. Sebut saja es doger, minuman boba, hingga es dessert khas Korea Selatan, patbingsoo

Namun tahukah, Moms, manfaat kacang merah lainnya? Kacang merah adalah sumber karbohidrat kompleks, serat, protein nabati, berbagai vitamin dan mineral penting.

Kandungan di dalam kacang merah tersebut dapat dapat meningkatkan kualitas konsumsi harian dan meningkatkan kesehatan Moms secara keseluruhan.  Kacang merah juga membantu menurunkan dan menjaga berat badan, menjaga gula darah tetap stabil, serta dapat menurunkan risiko kanker tertentu. Apa saja manfaat lainnya? 

Kacang merah kaya akan protein

Protein adalah komponen utama tubuh dan terbuat dari asam amino. Protein dibutuhkan untuk pembuatan sel, jaringan, organ, tulang dan kulit. 

Protein memainkan banyak peran penting lainnya dalam kesehatan, yaitu sebagai antibodi untuk melindungi tubuh dari infeksi, enzim untuk melakukan reaksi kimia di dalam sel, pembawa “pesan” antarsel, jaringan dan organ, serta pembawa atom dan molekul kecil ke seluruh tubuh. 

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, satu cangkir kidney beans (salah satu jenis kacang merah), mengandung 15gr protein. 

Tinggi serat 

Kandungan seratnya yang tinggi  dapat mencegah konstipasi dan meningkatkan kesehatan jantung,  karena dapat mengikat kolesterol dalam saluran pencernaan dan mengeluarkannya dari tubuh. Selain itu, kacang merah juga mengandung zat besi yang penting bagi hemoglobin, mempercepat metabolisme, dan membentuk beberapa hormon. 

Kandungan lainnya adalah magnesium yang berperan dalam reaksi biokimia dalam tubuh, fosfor yang bertanggung jawab dalam pembentukan tulang dan gigi. Juga  produksi energi, serta mengandung folat yang penting bagi tumbuh kembang, terutama untuk bayi dalam kandungan. Maka, Moms yang hamil disarankan menambahkan kacang merah dalam menu harian.

Mengatur gula darah dalam tubuh

Kacang merah mengandung karbohidrat kompleks yang tinggi. Berbeda dengan karbohidrat sederhana, seperti snack dan permen, karbohidrat kompleks dicerna tubuh secara perlahan sehingga Moms dapat mengontrol nafsu makan karena merasa kenyang lebih lama. 

Selain itu, karbohidrat kompleks dalam kacang merah memiliki indeks glikemik yang sangat rendah, yaitu 19 – 25, artinya mengonsumsi kacang merah tidak meningkatkan gula darah.

Menurunkan dan menjaga berat badan sehat

Serat dan protein yang terkandung dalam kacang merah merupakan dua elemen penting yang dapat mengontrol nafsu makan, Moms. Selain itu, karbohidrat kompleks di dalam kacang merah juga efektif menurunkan berat badan.

Baca Juga : Jenis Makanan Tinggi Serat

 

Kacang merah dapat menurunkan risiko kanker

 

Mengonsumsi makanan sehat dapat mencegah obesitas yang memicu risiko kanker, Moms, termasuk kacang merah yang mengandung komponen penting, yaitu saponin dan lignan, pati resisten, dan antioksidan. Saponin dan lignan adalah bahan kimia dalam tanaman yang dapat mencegah pertumbuhan tumor, pati resisten merupakan sejenis karbohidrat yang berfungsi sebagai pelindung usus besar dan pencegah kanker usus besar, serta antioksidan yang merupakan senyawa kimia dalam tumbuhan dan dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker. 

Itulah beragam manfaat kacang merah bagi kesehatan, Moms.