Doa untuk pengantin adalah suatu hal yang selayaknya diucapkan untuk pasangan yang baru saja menikah, dengan menyampaikan dan memanjatkan doa sebagai tanda turut  berharap kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk kebahagiaan kedua mempelai di kehidupan selanjutnya

Dengan mendoakan pengantin itu menunjukan keikutsertaan kebahagiaan pada pengantin baru. Namun bukan sembarangan doa yang dipanjatkan, selain SAMAWA (Sakinnah, Mawaddah, Warrahmah) ada doa khusus yang dapat kamu panjatkan . yuk simak berikut bacaan doa untuk pengantin baru 

Doa untuk pengantin di hari pernikahannya dipanjatkan oleh orang-orang yang menghadirinya, termasuk orangtua, keluarga, kerabat, atau bahkan pemuka agama. Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, jika Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ingin memberikan ucapan selamat pada seseorang yang telah menikah, beliau membaca doa:

 

 

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

"Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fi khayrin"

Artinya: “Semoga Allah memberkahimu ketika bahagia dan ketika susah, serta mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.” (HR. Abu Daud, no. 2130).

 

 

Doa untuk calon pengantin yang dapat kamu sampaikan pada saudara atau teman adalah doa agar mendapatkan jodoh yang baik. Ini merupakan potongan dari surat asy-Syuara ayat 83, yang berbunyi,

رَبِّ هَبْ لِي حُكْمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ

Artinya: (Ibrahim berdoa): "Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh."

Lalu, ada pula doa memohon kelancaran persiapan acara pernikahan. Doa ini berasal dari potongan surat al-Kahfi ayat 10, yang berbunyi,

إِذْ أَوَى الْفِتْيَةُ إِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوا رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Artinya: (Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: "Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)".

 

 

Doa untuk pasangan pengantin sama seperti yang tercantum pada poin pertama. Namun selain doa tersebut, kamu dapat membacakan doa lainnya yang memohon rahmat serta keberkahan untuk mempelai berbahagia. Ada beberapa doa yang dapat kamu panjatkan ketika sedang menyantap hidangan di resepsi pernikahan, seperti berikut.

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Artinya : "Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka." (HR. Ahmad)

Doa lainnya, dari hadis yang diriwayatkan Imam Muslim adalah:

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ

Artinya : "Ya Allah, berkahilah apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka, Ampunilah mereka dan sayangilah mereka." (HR. Muslim).

Ada pula doa lainnya dengan lafaz sebagai berikut,

اَللّٰهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِيْ، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِيْ

Artinya: "Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang memberi makan kepadaku, dan berikanlah minum kepada orang yang memberi minum kepadaku."

Baca Juga :4 Doa Agar Cepat Mendapat Keturunan