Hampir tiap orang pernah mengalami tenggorokan gatal. Tak hanya dikaitkan dengan batuk, tenggorokan gatal juga bisa jadi pertanda penyakit lainnya. 

Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun Pada Bayi, Bisa Redakan Batuk

Tenggorokan gatal biasanya merupakan tanda beberapa gangguan kesehatan, seperti reaksi alergi, atau radang tenggorokan. Kondisi ini bisa membuat Moms tidak nyaman karena sulit berbicara atau menelan.

Selain karena batuk, semua penyebab ini membuat tenggorokan terasa gatal, kering, dan perih: 

Alergi rhinitis

Alergi rhinits merupakan salah satu penyebab umum tenggorokan gatal. Alergi rhinitis atau hay fever ini terjadi ketika tubuh bereaksi berlebihan terhadap zat tertentu dan melepaskan zat kimia yang disebut histamin, kemudian menyebabkan reaksi gatal pada tenggorokan. Pemicu umum alergi ini, termasuk serbuk sari, bulu, debu, dan asap rokok atau asap knalpot. Prevalensi atau jumlah kasus alergi rhinitis di Indonesia mencapai 1,5-12,4% dan cenderung mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Alergi makanan

Timbul rasa gatal pada tenggorokan bisa juga disebabkan oleh alergi pada makanan, Moms. Reaksi ini terjadi ketika tubuh bereaksi seolah-olah kandungan tertentu dalam makanan yang Moms konsumsi membahayakan tubuh. Reaksi ini umumnya muncul beberapa menit atau beberapa jam setelah mengonsumsi makanan pemicu. Tenggorokan gatal merupakan reaksi alergi makanan yang ringan, namun beberapa kasus serius bisa mengancam nyawa. Makanan pemicu biasanya kacang tanah, kerang, telur, susu, dan gandum.

Baca Juga: Mengatasi Gejala Alergi Pada Anak

Infeksi bakteri atau virus

Gatal pada tenggorokan bisa juga merupakan tanda Moms terkena radang tenggorokan, tonsilitis atau radang amandel akibat bakteri, atau infeksi virus flu. Jika Moms terkena infeksi flu, sakit tenggorokan akan semakin parah, dan disertai dengan demam, nyeri tubuh, dan rasa tidak nyaman di dada.

Dehidrasi

Saat tubuh Moms kehilangan banyak cairan, biasanya terjadi saat cuaca panas, setelah berolahraga, atau selama sakit, meningkat pula potensi tenggorokan gatal. Dehidrasi dapat menyebabkan mulut kering, karena mulut dan tenggorokan tidak memiliki cukup air liur. Inilah yang bisa menimbulkan rasa gatal di tenggorokan.

Baca Juga: Bila Bayi Terkena Dehidrasi

Asam refluks

Gejala tenggorokan gatal juga bisa disebabkan oleh asam lambung yang masuk ke saluran makanan/kerongkongan atau dikenal dengan heartburn, yaitu sensasi panas di dada. Terutama jika Moms mengalami GERD atau refluks asam lambung. Asam di perut dapat merayap kembali ke kerongkongan, dan menyebabkan rasa gatal. Ini terjadi ketika bukaan antara kerongkongan dan perut Anda tidak menutup rapat. Pemicunya bisa jadi disebabkan oleh makan berlebihan, makan makanan tertentu, atau terlalu cepat berbaring setelah makan. 

Rasa gatal pada tenggorokan bisa diredakan dengan bahan-bahan di rumah, Moms, yaitu air hangat, sup hangat,  madu, atau kumur dengan larutan air garam yang efektif meredakan sakit atau gatal pada tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Caranya, tambahkan 1/2 sendok teh garam ke dalam 240 mililiter atau 1 cangkir air hangat, lalu kumur beberapa kali sehari. Panas dapat meredakan iritasi tenggorokan dan garam dapat membantu mengurangi penumpukan lendir.