Bulan Oktober 2020 ditutup dengan libur panjang akhir pekan nih, Moms. Sudah ada rencana? Karena masih masa pandemi, Moms bisa  memilih liburan yang aman dari tertular virus COVID-19, namun tetap seru. Bisa?  

Suasana libur panjang kali ini berbeda dari biasanya. Pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia, terutama di kota-kota besar, membuat kita, sementara ini  harus menahan diri untuk bersenang-senang. Pasalnya, kasus positif per hari masih terhitung tinggi, menyentuh angka 4000 lebih. Di sisi lain, tubuh, pikiran, dan mental juga sudah lelah dan cemas. 

Baca Juga : Mengenali Kecemasan dan Stres Pada Anak

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Tenang Moms, meski tidak dapat berkumpul dan berada di tempat yang ramai, Moms tetap dapat membuat waktu ini sama istimewanya dengan liburan “normal.” Mau tau caranya? Simak tip aman liburan akhir pekan saat pandemi berikut ini ya Moms: 

Mengendarai mobil

Moms dan keluarga dapat menghabiskan libur panjang akhir pekan dengan berkeliling menggunakan mobil. Terkadang liburan tak mesti direncanakan sangat matang, yang penting kepenatan akibat berkutat pada aktivitas sehari-hari dapat dilepaskan, salah satunya dengan melihat pemandangan di sepanjang jalan. Lakukan perjalanan singkat dan meminimalisasi kontak dengan orang di luar. Kurangi risiko penularan dengan selalu menggunakan masker, membersihkan tangan dengan hand sanitizer, dan menghindari menyentuh permukaan. Pastikan pula untuk membawa bekal makanan sendiri.

Mengubah ritme aktivitas di rumah

Perubahan ritme aktivitas di rumah yang memisahkan pekerjaan sehari-hari dan tugas lainnya dapat menjadi alternatif yang paling aman. Misalnya melakukan spa bersama keluarga merupakan aktivitas menenangkan sekaligus menyenangkan. Sesuatu yang sederhana terkadang malah dapat menjernihkan pikiran Moms.

Baca Juga : Ide Kreatif Liburan dirumah

Melakukan hal baru

Mempelajari sesuatu yang baru di waktu senggang adalah salah satu penyemangat. Sejak pandemi, hobi bercocok tanam sederhana di halaman rumah meningkat hingga jadi tren. Selain menyenangkan, melakukan hobi atau kegiatan seperti ini dapat meningkatkan mood, meredakan stres dan kecemasan, terutama di situasi tidak pasti saat ini, memfokuskan perhatian, dan meningkatkan kepercayaan diri. Bagi Moms yang suka ke museum, bisa memilih mengunjungi museum-museum terkenal di dunia, seperti British Museum, secara virtual bersama si Kecil.

Merayakan sesuatu

Libur akhir pekan bisa Moms habiskan dengan merayakan sesuatu bersama keluarga. Misalnya perayaan si Kecil mendapat nilai bagus di sekolah atau semacamnya. Perayaan sederhana ini menciptakan kenangan yang menyenangkan dan membuat situasi tidak terlalu melelahkan.  Ini bisa menjadi momen bonding keluarga dengan cara yang kreatif. 

Baca Juga : Tip Merayakan Ulang Tahun Selama Pandemi Agar Tetap Seru

Bersantai

Tentu tidak semua orang menghabiskan waktu liburan dengan jalan-jalan atau membuat sesuatu. Sebagian memilih untuk beristirahat, memfokuskan diri pada anak, sambil bermalas-malasan, mengisi baterai energi untuk menghadapi hari Senin. Bagaimana cara Moms menghabiskan long-weekend adalah sepenuhnya pilihan Moms dan keluarga. Tidak semua hal harus produktif atau kreatif, karena terkadang Moms juga butuh “istirahat.