Masalah kantong dan lingkar hitam di sekitar mata cukup sering dialami para Moms. Berbagai produk mungkin pernah Moms coba untuk menghilangkan kantong dan lingkar hitam mata, namun hasilnya tak kunjung memuaskan. Mungkin Moms perlu mencoba cara yang lebih alami dan simpel.

Cara yang lebih alami misalnya dengan minum air putih dan kompres dingin. Keduanya dapat membantu memudarkan kantong dan lingkar hitam mata dengan cepat. Tetapi satu-satunya cara untuk mengurangi keduanya dalam jangka panjang adalah dengan memperbaiki gaya hidup. 

Penyebab munculnya kantong dan lingkar hitam di mata secara umum, misalnya alergi, eksim, kelelahan kronis, masalah pigmentasi, paparan sinar matahari, dan penuaan.

Berikut adalah cara alami yang bisa Moms lakukan untuk menghilangkan kantong dan lingkar mata.

Menggunakan teh celup

Ternyata teh tidak hanya untuk diseduh, Moms. Moms dapat menggunakan teh celup berkafein di bawah mata untuk membantu mengatasi kantong dan lingkaran hitam di mata. 

Kafein dalam teh mengandung antioksidan dan dapat meningkatkan aliran darah ke kulit. Selain itu, juga melindungi dari sinar UV dan berpotensi memperlambat proses penuaan. Teh hijau, khususnya, telah teruji oleh peneliti terdapat efek anti-inflamasi.

Caranya, seduh dua teh celup selama 3 - 5 menit, dinginkan teh celup di lemari es selama 20 menit, peras cairan berlebihnya, letakkan di area bawah mata selama 15 - 30 menit.

Mencukupi kebutuhan air putih 

Air membentuk sekitar 60 persen dari berat tubuh. Maka dehidrasi dapat menyebabkan kantong pada mata. Pastikan untuk minum air putih ya, Moms. 

Baca Juga: Tip Menjaga Asupan Air Putih Busui

Menggunakan tabir surya setiap hari

Melindungi kulit dari dampak sinar matahari dapat membantu mengatasi sejumlah masalah dermatologis, seperti penuaan dini, kanker kulit, perubahan warna, serta mengatasi kantong mata dan lingkaran hitam di bawah mata. Pilih produk yang mengandung SPF 30 atau lebih tinggi, serta waterproof

Saat berada di luar ruangan, sebisa mungkin kurangi paparan sinar matahari secara langsung dengan duduk di tempat teduh, dan memakai pakaian yang melindungi.

Baca Juga: Tip Merawat Kulit Leher Agar Tak Cepat Kendur

Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi 

Meletakkan kepala lebih tinggi membantu mencegah penumpukan cairan di kelopak mata bawah yang menyebabkan bengkak saat tidur. Walau begitu, tetap pastikan posisi tidur nyaman ya, Moms.

Tidur minimal 8 jam

Selain cara tidur, durasi tidur juga salah satu faktor penyebab. Kurang tidur tidak secara langsung menyebabkan lingkar hitam di mata, Moms, tetapi membuat kulit lebih pucat, sehingga mata tampak lebih hitam. 

Baca Juga: Tidur Tengkurap Saat Hamil, Bahayakah Bagi Janin?

Mengonsumsi makanan kaya kolagen

Seiring bertambahnya usia, otot dan jaringan yang menopang kelopak mata melemah. Artinya, kulit mulai kendur, termasuk lemak yang biasanya ada di sekitar mata.

Meningkatkan asupan vitamin C dapat membantu tubuh menyerap lebih banyak asam hialuronat. Asam esensial ini secara alami ditemukan di dalam tubuh, tetapi jumlah yang disimpan menurun seiring bertambahnya usia.

Makanan yang kaya vitamin C dan asam amino juga membantu produksi kolagen melalui peningkatan kadar asam hialuronat, sehingga kulit menjadi lebih sehat. Makanan sumber vitamin C, misalnya jeruk, paprika merah, kubis, brokoli, dan stroberi.

Mengurangi makanan asin

Terlalu banyak makanan asin bisa jadi penyebab munculnya kantong mata. Garam berkontribusi pada retensi cairan tubuh, dapat membuat tubuh bengkak secara keseluruhan. Garam juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit jantung dan stroke.

Berdasarkan informasi dari Kemenkes, di Indonesia belum ada penetapan kebutuhan natrium (kandungan 40% garam) secara khusus. Sementara WHO membatasi konsumsi garam sekitar 1 sendok teh garam per hari.