Tuba falopi merupakan organ reproduksi perempuan yang memegang peran penting. Saluran ini menghubungkan indung telur dengan uterus, membawa sel telur ke uterus saat menstruasi, serta menjadi tempat difertilisasi sel telur oleh sperma. 

Oleh karena itu, jika tuba falopi tersumbat, kemungkinan besar Moms akan sulit hamil.  Karena jalan bagi sperma untuk mencapai sel telur, serta jalur sel telur yang telah dibuahi kembali ke rahim terblokir.

Penyebab umum tuba falopi tersumbat adalah terlukanya jaringan, infeksi, dan perlekatan panggul. 

Tuba falopi yang tersumbat seringnya tidak menimbulkan gejala. Banyak Moms justru tidak tahu bahwa tuba falopi mereka tersumbat hingga kesulitan hamil dan didiagnosis dokter.

Baca Juga : Merencanakan Kehamilan dan Kesuburan Saat Pandemi

Dalam beberapa kasus, tuba falopi yang tersumbat dapat menyebabkan nyeri ringan yang teratur di satu sisi perut. Ini biasanya merupakan gejala jenis penyumbatan tuba falopi yang disebut hydrosalpinx, yaitu ketika cairan mengisi dan memperbesar tuba falopi yang tersumbat.

Terdapat beberapa faktor penyebab tersumbatnya tuba falopi, yaitu:

 

Penyakit radang panggul

 

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri pada organ reproduksi perempuan, seperti serviks, rahim, dan ovarium. 

Ditandai dengan nyeri pada perut bagian bawah atau panggul, dan jika tidak ditangani dapat menyebabkan kehamilan di luar kandungan (ektopik) dan ketidaksuburan (infertilitas). Selain itu, radang panggul dapat menyebabkan kondisi hydrosalpinx, yaitu penyumbatan tuba falopi oleh cairan.

 

Endometriosis

 

Endometriosis merupakan kondisi di mana lapisan rahim tumbuh di luar rahim, dan dapat menumpuk di tuba falopi sehingga menyebabkan penyumbatan. Jaringan endometrium di luar organ lain juga dapat menyebabkan lengket yang menghalangi saluran tuba.

Baca Juga : Bisakah Penderita PCOS Hamil?

 

Infeksi menular seksual tertentu

 

Klamidia dan gonore dapat menyebabkan penyakit radang panggul, yang berujung pada tersumbatnya tuba falopi.

 

Kehamilan ektopik di masa lalu

 

Hamil ektopik adalah kehamilan di luar kandungan, yaitu ketika sel telur yang telah dibuahi sperma tidak menempel pada dinding rahim seperti yang seharusnya.

 

Mioma uteri

 

Pertumbuhan daging atau mioma terutama yang menempel di rahim dapat menyumbat tuba falopi.

 

Operasi perut di masa lalu 

 

Operasi perut yang pernah dijalani, terutama pada tuba falopi itu sendiri, dapat menyebabkan perlengketan panggul yang menghalangi tuba, Moms.

Jika tuba falopi tersumbat oleh sejumlah kecil jaringan atau pelekatan, dokter dapat menggunakan operasi laparoskopi untuk menghilangkan penyumbatan dan membuka saluran tersebut.

Namun, jika tuba falopi tersumbat dengan jaringan yang besar, operasi laparoskopi kemungkinan tidak dapat dilakukan. Pilihan alternatifnya adalah operasi pengangkatan bagian yang rusak dari tuba falopi dan menghubungkan kedua bagian yang masih baik.

Sebelum itu, dokter akan memeriksa bagian dalam tuba falopi Moms menggunakan x-ray yang disebut Hysterosalpingography (HSG). 

Jika masalah tuba falopi tersumbat bisa diatasi, tentunya ada harapan bagi Moms yang sulit hamil. 

Baca Juga : Sebelum Hamil, Ikuti Tes Ini Moms