Seberapa penting ucapan “terima kasih” bagi Moms? Seberapa sering Moms mengucapkannya pada Dads? Mayoritas kita dibesarkan oleh orang tua yang mengajarkan pentingnya sopan santun pada orang lain dan mengucapkan terima kasih atas hal-hal yang telah dilakukan orang lain untuk kita. 

Namun, ketika kita telah menjalani hubungan yang cukup lama, kita seringkali abai untuk untuk mengekspresikan rasa terima kasih kita pada pasangan secara gamblang, karena menganggap hal-hal tersebut adalah sesuatu yang memang “sudah-semestinya-dilakukan”. 

Padahal, tahukah Moms, ucapan terima kasih untuk suami atas hal-hal kecil yang dilakukannya adalah salah satu bentuk ekspresi cinta dan rasa hormat untuk suami. Dalam sebuah penelitian oleh Cameron, Amette, & Smith (2011), ternyata ditemukan bahwa apresiasi dan ungkapan rasa terima kasih pasangan berpengaruh langsung pada kepuasan pernikahan. Namun, ada hal menarik yang ditemukan, bahwa ucapan terima kasih saja tidak berpengaruh pada kepuasan terhadap pernikahan, namun perasaan diapresiasilah yang berpengaruh langsung.

Baca Juga: 5 Ide Merayakan Hari Ulang Tahun Pernikahan

Jadi, ketika Moms memberikan ucapan terima kasih untuk suami, yang penting bukanlah ekspresinya, tapi apakah Dads bisa merasakan perasaan berterima kasih yang Moms sampaikan. Sebenarnya untuk mengungkapkan rasa apresiasi pada suami, tidak melulu hanya ucapan terima kasih saja, Moms. Sebuah pelukan, atau senyuman tulus dapat menjadi media yang membuat suami merasa diapresiasi. 

Ucapan-ucapan pujian atas hal yang telah dilakukannya juga bisa berfungsi sebagai bentuk apresiasi. Semakin Moms terkoneksi dengan suami, maka akan semakin mudah bagi Moms menemukan cara dan media untuk menunjukkan apresiasi yang bisa mengena di hatinya. Di saat-saat sulit seperti pandemi sekarang, apresiasi dan terima kasih bisa saling menguatkan untuk melewati berbagai tantangan yang muncul. 

Baca Juga: Manfaat Pillow Talk Bagi Hubungan Suami Istri

Jadi Moms, tidak perlu menunggu momen atau pun hal-hal yang besar untuk memberikan ucapan terima kasih pada suami. Kapan pun Moms bisa melakukannya. Misalnya, Moms bisa menunjukkan apresiasi pada saat suami memasak untuk sekeluarga, atau sekadar menyempatkan menelpon rumah di tengah sibuknya pekerjaan kantornya. Atau bahkan mungkin ketika Dads berkenan menemani Moms nonton drama korea yang mungkin tidak dia suka. 

Nah, apakah Moms ingat kapan terakhir kali memberikan ucapan terima kasih untuk suami? Jika sudah lupa, mungkin Moms bisa melakukannya hari ini.