Saat hamil, tubuh memproduksi lebih banyak darah, bahkan hingga 50% lebih banyak daripada biasanya. Peningkatan suplai darah ini menyebabkan tubuh membutuhkan lebih banyak zat besi untuk membentuk sel darah merah. Makanya, Moms yang sedang hamil memiliki kebutuhan zat besi yang lebih banyak ketimbang orang biasa. 

Jika Moms tidak mampu memenuhi kebutuhan zat besi harian, Moms bisa terkena anemia. Anemia saat hamil menyebabkan berbagai risiko komplikasi kehamilan dan kelahiran buat Moms dan janin. Nah, untuk menghindari hal tersebut, pastikan asupan zat besi harian Moms adekuat. Mungkin Moms jadi bertanya-tanya nih, bisa didapat dari mana saja sih sumber zat besi untuk ibu hamil?

Sumber zat besi heme 

Zat besi heme adalah zat besi yang bisa kita temukan dalam bahan pangan hewani. Jenis zat besi ini lebih mudah diserap oleh tubuh. Walaupun semua protein hewani mengandung zat besi, namun ada beberapa sumber yang lebih baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Contohnya seperti daging merah, ayam, dan salmon. Dalam setiap 100 gr daging merah tanpa lemak seperti daging sapi saja terkandung sekitar 2 mg zat besi. Meski mengandung zat besi yang tinggi, saat hamil hindari konsumsi daging mentah ya, Moms. Hal ini untuk mencegah infeksi bakteri dari makanan yang berbahaya saat kehamilan.

Baca Juga : 7 Sumber Karbohidrat Selain Nasi Untuk Bumil

Sumber zat Besi nonheme 

Tidak hanya pangan hewani, zat besi pun dapat kita temukan dalam tumbuhan, yang disebut juga zat besi nonheme. Contoh sumber zat besi untuk ibu hamil dari tanaman misalnya sayur bayam dan kale. Kacang-kacangan dan juga brokoli bisa menjadi alternatif sumber zat besi nonheme. Salah satu keunggulan mengonsumsi sumber zat besi dari sayur-sayuran, Moms bisa mendapatkan manfaat tambahan serat pangan dan vitamin mineral yang juga baik untuk Moms dan jabang bayi. Tapi harus diingat juga zat besi dari sumber nabati itu lebih sulit untuk diserap tubuh. Jadi tentunya Moms butuh konsumsi lebih banyak ketimbang sumber hewani.

Baca Juga : 5 Jenis Sayuran untuk Ibu Hamil

Berapa banyak, sih? 

Setelah tahu sumber zat besi untuk ibu hamil, selanjutnya Moms pasti bertanya-tanya, sebanyak apa sih kebutuhan zat besi ibu hamil? World Health Organization (WHO) menyarankan ibu hamil untuk konsumsi 30-60 mg sehari. Jika angka ini dirasa berat untuk dipenuhi dari makanan, Moms bisa minta rekomendasi suplementasi dari dokter yang merawat, ya! Happy pregnancy, Mom.

Baca Juga : Anjuran Nutrisi Selama Pandemi Menurut WHO