Setiap ibu hamil membutuhkan nutrisi, vitamin, dan mineral tambahan demi kesehatan buah hati dalam kandungan. Kebutuhan kalori Moms hamil meningkat sejak trimester pertama. Bahkan pada trimester pertama dan kedua Moms memerlukan tambahan 300 kalori per hari dari makanan. 

Apabila ibu hamil kekurangan nutrisi, maka akan berdampak negatif pada kehamilan dan janin. Kebiasaan makan yang buruk, seperti terlalu banyak konsumsi makanan manis dapat  meningkatkan kadar gula darah sehingga berisiko mengidap diabetes gestasional. 

Baca Juga : Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

Ibu hamil biasanya dianjurkan oleh dokter atau bidannya untuk mengonsumsi berbagai sayuran. Berikut adalah beberapa sayuran yang dianjurkan untuk ibu hamil: 

Bayam 

Bayam dapat memenuhi kebutuhan asam folat dan zat besi. Sayuran ini juga mengandung vitamin A, C dan K.

Brokoli

Brokoli mengandung kalsium, beta karoten, indoles, dan isotiosianat. Kandungan-kandungan tersebut dipercaya mampu melindungi tubuh dari kanker. Sayuran ini juga memiliki senyawa asam folat yang dapat menurunkan risiko bayi dari cacat lahir. 

Tomat 

Tomat mengandung zat antioksidan yang tinggi seperti likopen. Antioksidan ini dibutuhkan tubuh untuk menangkal radikal bebas. 

Bit 

Bit kaya akan asam folat, vitamin C, dan zat besi.  Sayuran ini memiliki kemampuan untuk membersihkan darah selama kehamilan dan melindungi janin yang sedang berkembang dari segala risiko jenis cacat lahir. 

Kale 

Kale adalah salah satu sayuran berdaun hijau terbaik untuk dikonsumsi selama kehamilan. Sebab kale mengandung kalsium, serat, vitamin A, B, C, K dan D yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. 

Itulah beberapa daftar sayuran yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Jika ibu hamil malas mengonsumsi akan berdampak buruk terhadap tumbuh kembang janin. Moms hamil tentunya menginginkan bayi yang lahir sehat, karena itu, yuk, biasakan konsumsi sayuran setiap hari.

Baca Juga : Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil, Bisa Cegah Preeklamsia