Melakukan tes kehamilan adalah satu-satunya cara untuk memastikan kehamilan, tetapi penting juga mengetahui beberapa gejala awal yang mungkin menunjukkan bahwa Moms hamil.

Tidak menstruasi, mual di pagi hari, nyeri payudara adalah beberapa gejala kehamilan yang umum, tetapi ada juga beberapa gejala kehamilan yang tidak biasa untuk menunjukkan bahwa Moms hamil. 

Baca Juga : Catat Ciri-Ciri Kehamilan Sehat Berikut Ini

Selama trimester pertama kehamilan, terjadi perubahan hormonal yang signifikan yang menyebabkan gejala tertentu. Beberapa gejala ini bisa muncul bahkan pada minggu-minggu pertama kehamilan. Berikut adalah tanda kehamilan yang tidak biasa:

Mimisan dan hidung mampet

Beberapa Moms hamil mengalami hidung tersumbat atau mimisan pada awal kehamilan. Mimisan ini disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh. Umumnya, mimisan bisa ditangani di rumah.

Buang angin lebih dari biasanya

Tanda berikutnya adalah tubuh penuh gas dan kembung. Kehamilan memengaruhi saluran pencernaan Moms dan menyebabkan gas. Jika Moms bersendawa lebih dari biasanya dan bukan karena sesuatu yang Moms makan, coba periksa dengan alat kehamilan. Sementara itu, sebaiknya jauhi makanan yang memicu gas, seperti susu dan produk olahannya, makanan berlemak, hingga minuman berkarbonasi, untuk menghindari begahnya perut akibat gas yang semakin banyak.

Baca Juga : Bahaya Soda Bagi Ibu Hamil

Sembelit

Hormon kehamilan cenderung membuat kerja organ melambat, gangguan sistem pencernaan dan sembelit adalah salah satunya. Kadar progesteron yang tinggi membuat dinding usus rileks dan sulit buang air besar. 

Mulut rasa seperti besi

Beberapa Moms merasa mengunyah sesuatu yang terbuat dari logam saat awal kehamilan. Hal ini terjadi karena meningkatnya estrogen dan progesterone dalam tubuh, kondisi ini disebut dysgeusia dan menyebabkan distorsi pada indera perasa/pengecap. Jika Moms tidak nyaman dibuatnya, bisa redakan dengan menyesap minuman dingin, mengunyah permen karet tanpa gula, atau mencoba makanan pedas.

Perubahan emosi yang cepat (mood swings)

Suasana atau emosi yang berubah-ubah dengan cepat disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi selama beberapa minggu pertama kehamilan. Kondisi  di mana Moms merasa lebih emosional atau sensitif dibanding biasanya adalah hal yang normal, namun jika Moms merasa memburuk, bisa mengonsultasikannya dengan dokter atau ahlinya.

Pusing

Pada awal kehamilan, tekanan darah bisa turun karena pembuluh darah membesar untuk mengirim lebih banyak darah ke rahim. Menurunnya tekanan darah ini dapat menyebabkan pusing, kadar gula darah rendah, dan stres. Dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi kecil dan teratur, kendalikan stres sebisa mungkin.

Baca Juga : Dampak Stres Selama Hamil pada Perkembangan Bayi

Muncul jerawat

Tanda kehamilan yang tidak biasa lainnya adalah munculnya jerawat, bisa lebih parah pada Moms yang berjerawat sebelumnya. American College of Obstetricians and Gynecologist menganjurkan cara untuk menangani jerawat selama hamil, yaitu mencuci wajah dua kali sehari dengan pembersih yang ringan dan air hangat, tidak menyentuh jerawat, memilih kosmetik yang bebas minyak dan aman untuk digunakan selama hamil.