Soda memang memberikan sensasi yang menyegarkan, namun banyak penelitian yang menunjukkan kandungan dan bahayanya bagi Moms yang hamil.

Baca Juga : Junk Food, Bolehkah untuk Ibu Hamil?

Sebuah penelitian pada 2018 menunjukkan efek negatif mengonsumsi soda saat hamil pada perkembangan otak bayi. Ketika Moms mengonsumsi gula yang terlalu banyak saat hamil, terutama berupa soda, anak berisiko tumbuh dengan kemampuan non-verbal dan keterampilan memecahkan masalah, serta daya ingat yang rendah.

Soda merupakan campuran dari beberapa bahan yang dapat membahayakan janin, Moms. Berikut adalah kandungan di dalam soda dan dampaknya bagi kehamilan:

Kafein

Tak hanya kopi, soda juga mengandung kafein yang tinggi, Moms. Kafein terkenal dapat meningkatkan tekanan darah, menyebabkan insomnia, konstipasi, dan dehidrasi, terutama pada Moms yang hamil. Mengonsumsi soda dapat membahayakan perkembangan motorik dan sistem sarafnya. Konsumsi lebih dari 300mg kafein berisiko menyebabkan keguguran, sementara konsumsi kafein lebih dari 500mg dapat menyebabkan masalah kronis pada pernapasan bayi saat lahir.

Baca Juga : Hubungan Kafein dan Program Hamil

Gula

Kadar insulin yang stabil penting bagi perkembangan optimal bayi. Kandungan gula dalam soda dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin. Konsumsi insulin berlebihan juga meningkatkan risiko obesitas pada Moms hamil, sehingga menyebabkan keguguran atau masalah bawaan pada bayi.

Air berkarbonasi

Soda terbuat dari karbonasi air bertekanan tinggi dan karbon dioksida, yang membuat gelembung-gelembung pada minuman bersoda. Air berkarbonasi ini dapat mengganggu kesehatan tulang, salah satunya sakit punggung, yang membuatnya lemah untuk menopang perut yang makin membesar. Biasanya air berkarbonasi hanya mengandung gas, namun beberapa juga ditambahkan kalium dan natrium. Natrium ini dapat meningkatkan tekanan darah yang berbahaya bagi Moms.

Baca Juga : Rainbow Baby, Hamil Setelah Keguguran

Pemanis buatan

Soda jenis biasa mengandung gula yang tinggi, sementara diet soda/diet coke mengandung pemanis buatan yang juga berbahaya, Moms. Salah satunya adalah aspartame, pemanis buatan non-sakarida yang biasanya digunakan dalam diet soda dan dapat menyebabkan kecacatan pada bayi jika dikonsumsi berlebihan. 

Perasa buatan

Kandungan perasa buatan, seperti asam fosfat yang biasa terdapat di dalam soda dapat memengaruhi kalsium dalam tulang Moms dan membuat tulang rapuh.

Akibat kandungan tersebut, mengonsumsi soda saat Moms hamil tidak dianjurkan karena dapat membahayakan Moms dan bayi, misalnya kehilangan kalsium dalam tulang akibat asam fosfat, peningkatan tekanan darah akibat natrium, berisiko menyebabkan cacat lahir pada bayi, berisiko menyebabkan obesitas pada bayi jika dikonsumsi berlebihan, bahkan menyebabkan keguguran.

Takaran aman mengonsumsi soda saat Moms hamil adalah kurang dari 330ml per hari, 

namun lebih baik dihindari.