Junk food merupakan istilah yang merujuk pada makanan dengan kandungan kalori, gula, dan lemak yang tinggi. Mengonsumsi makanan ini pada saat hamil sebetulnya aman, namun yang dikhawatirkan adalah efek ketagihannya  yang dapat berujung pada konsumsi yang berlebih. Kelebihan makan junk food inilah yang akan memberikan dampak yang tidak baik untuk kesehatan ibu dan janin yang dikandung, di antaranya adalah:

Menaikkan berat badan 

Junk Food mengandung lemak jenuh yang tinggi .Kenaikkan berat badan yang berlebih akan berisiko pada komplikasi pada kehamilan seperti preeklampsia, kelahiran prematur, dan bayi lahir cacat. Selain itu, junk food juga mengandung kadar gula tinggi yang dapat menyebabkan penyakit diabetes gestasional.

Baca Juga : Tips Menambah Berat Badan Bumil

Memicu alergi saat hamil 

Ternyata, makanan dengan tingkat gula tinggi yang dikonsumsi terlalu sering dapat memicu asma pada anak. Hal ini dipaparkan dari sebuah penelitian yang diterbitkan oleh European Respiratory Journal. Konsumsi gula yang berlebih saat hamil dapat meningkatkan risiko asma dan alergi ketika anak menginjak usia 7 sampai 9 tahun. 

Anak lahir dengan berat badan rendah 

Beberapa makanan yang termasuk golongan junk food seperti kentang goreng memiliki zat bernama Acrylamide. Zat kimia ini terbentuk saat makanan digoreng dengan suhu minyak yang sangat tinggi. Semakin tinggi tingkat Acrylamide di tubuh Moms, semakin tinggi juga risiko bayi lahir dengan lingkar kepala yang lebih kecil dan berat badan rendah.

Baca Juga : Berat Badan Lahir Rendah, Apa Penyebabnya?

Menimbulkan kecanduan junk food pada anak 

Pada saat masih di kandungan, kebiasaan makan junk food pada ibu hamil akan mengubah sirkuit di otak janin yang membuat anak mengalami kesulitan saat menolak makanan dengan kandungan lemak yang tinggi. 

Jika Moms sudah tidak tahan sekali untuk mencicipi junk food, pilihlah restoran yang terjamin kebersihannya. Selain itu pastikan masakan telah matang sempurna sehingga tidak terkontaminasi bakteri Salmonella typhi yang dapat menyebabkan penyakit typus dan menyebabkan keguguran. 

Bila ingin makan bakso, pilihlah restoran yang menyajikan bakso sehat bebas pengawet karena penggunaan zat-zat aditif berbahaya seperti boraks, formalin, dan rhodamin B yang dapat menimbulkan kerusakan organ pada janin yang dikandung oleh Moms. 

Bisa juga Moms mengalihkan junk food dengan makanan sehat seperti berikut ini .

Kesimpulannya, makanan junk food sudah pasti tidak menyehatkan jika dikonsumsi secara berlebihan, baik oleh ibu hamil maupun tidah hamil. Jika Moms hamil ingin sekali makan junk food, boleh saja, asalkan dikonsumsi dalam  porsi kecil dan wajar. Semoga dapat membantu para Moms yang sedang galau mau junk food.

Baca Juga : Manfaat Buah untuk Ibu Hamil, Dari Jeruk Hingga Goji Berry